Tol Cikampek Padat, Kendaraan Pemudik Merayap dari Semanggi

Tandaseru – Seperti telah diprediksi, arus pemudik melonjak pada H-3 atau Selasa malam hingga Rabu dini hari di sejumlah ruas jalan dari Jakarta ke luar kota.

Berdasarkan pantauan dari kamera pengawas di Sentra Komunikasi PT Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek, kepadatan lalu lintas terjadi di beberapa titik.

Arus kendaraan ke arah Tol Cikampek bahkan mulai merayap di Gardu Tol Semanggi Dalam Kota.Antrean kendaraan juga terjadi di Jatiwarna menuju Tol Cikunir-Cikampek.

Berdasarkan informasi, petugas kepolisian dan Jasa Marga sempat menutup sementara GT Semanggi, GT Kuningan dan GT Tebet 2 untuk mengurai kepadatan di Tol Dalam Kota menuju Bekasi-Cikampek.

Petugas gabungan juga memberlakukan contraflow mulai KM 35.600 hingga Karawang KM 47 arah Cikampek mulai Selasa (12/6/2018) pukul 23.35 WIB.Langkah ini guna menghindari penyempitan jalur di KM 37 dan antrean menjelang Rest Area KM 39.

Pihak kepolisian dan Jasa Marga mengambil langkah diskresi memberlakukan contraflow karena kepadatan lalulintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Jasa Marga memprediksi H-3 atau Selasa merupakan puncak arus mudik dengan volume kendaraan mencapai 92.200 unit.

Kepadatan Merak

Sementara itu, pemudik yang akan menyeberang ke Sumatera juga terjebak antrean hingga 8 km mulai KM 94 Tol Jakarta-Merak. Mereka butuh waktu lebih dari tiga jam untuk bisa naik ke kapal feri di Pelabuhan Merak, Rabu dini hari.

Petugas sudah melakukan antisipasi bersama pengelola pelabuhan, seperti di sepanjang jalan terlihat petugas berjaga dan mengatur arus lalulintas dan antrean masuk ke kapal.

Polisi lalulintas dan petugas Dinas Perhubungan terlihat mengatur antrean agar pemudik bersegera bergerak saat kepadatan terurai sebelum tersendat lagi.Pergerakan kendaraan sangat bergantung pada arus keluar masuk kendaraan di dermaga pelabuhan.

Di Dermaga 1 misalnya, petugas berjaga pada setiap antrean yang jumlahnya hingga belasan baris.Kesigapan petugas menjadikan antrean tertib dan efektif sehingga tidak perlu menanti lama untuk masuk kapal.

Pengelola pelabuhan telah mempersiapkan dermaga 6, 1 dan 4 untuk pemudik sepeda motor. Kondisi antrean tahun ini dinilai jauh lebih baik dibandingkan beberapa tahun lalu, dimana kemacetan terjadi hingga 10 km.

Kumpulan Berita Terkait