Mau Cantik? Coba Tradisi Meruncingkan Gigi Wanita Dari Suku Mentawai ini

Tandaseru – Pernah mendengar wanita yang meruncingkan gigi layaknya vampir itu dianggap cantik? Kenyataannya ada tradisi meruncingkan gigi untuk para wanita Mentawai yang ingin terlihat menarik.

Memang bagi sebagian orang tradisi mempercantik diri ala para wanita Mentawai ini terbilang aneh. Pasalnya wanita di sana akan dianggap menarik jika memiliki gigi yang runcing layaknya vampir.

Bukan di luar negeri, tradisi meruncingkan gigi ini ada di Indonesia!

Seperti yang diketahui, tradisi itu datang dari Suku Mentawai yang menetap di Kepulauan Mentawai, Provinsi Sumatera Barat.

Tradisi semacam itu telah ada berabad-abad lalu dan dipercaya membawa hal positif bagi mereka. Suku tersebut bukan hanya dikenal dengan tradisi uniknya dalam mempercantik tampilan para wanitanya, tapi juga dikenal akan kesederhanaannya.

Gigi runcing simbol kecantikkan!

Jika dilihat sekilas memang nampak seperti vampir dan terkesan menyeramkan. Namun bagi orang-orang suku Mentawai gigi runcing adalah simbol kecantikkan sesungguhnya.

Pasalnya, bagi wanita suku Mentawai, semakin runcing gigi seorang wanita dan menyerupai vampir maka wanita itu akan semakin cantik!

Kerik Gigi Dilakukan Tanpa Bius Loh!

Mau cantik memang tidak mudah, prosesi kerik gigi pun ternyata sangat menyakitkan, sebab para ketua adat melakukannya tanpa tahap pembiusan atau anastesi.

Seramnya lagi, alat yang digunakan tanpa melalui proses sterlisasi dan biasanya alat tersebut terbuat dari besi atau kayu yang telah diasah sampai tajam.

Selain sakit, waktu memproses gigi tersebut pun butuh waktu yang tidak singkat. Gigi para wanita akan dibentuk runcing tajam sampai seperti gigi vampir dan itulah yang akan terlihat cantik dan menarik bagi para pria suku mentawai.

Kerik gigi bisa mendamaikan jiwa wanita Mentawai?

Uniknya lagi, meruncingkan gigi atau melakukan tradisi kerik gigi ini bukan hanya simbol kecantikan, tapi juga simbol keseimbangan tubuh dengan jiwa.

Bukan itu saja, kerik gigi pun memberi kedamaian pada jiwa wanita dan masyarakat suku mentawai pun percaya saat seorang wanita telah melakukan ritual tersebut maka mereka akan dipenuhi kebahagiaan dan kedamaian jiwa.

Apa Anda mau mencoba tradisi meruncingkan gigi para wanita Mentawai agar nampak lebih cantik?

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -