Wajib Disontek! Ini 3 Trik Jitu Agar Tak Salah Paham Saat Komunikasi

Tandaseru – Menjalin hubungan memang tidak terlalu mudah, apalagi soal komunikasi. Tenang, ada kok beberapa trik agar tak salah paham dengan pasangan saat berbicara!

Sudah hal yang lumrah ketika ada perbedaan sifat antara pria dan wanita, tak jarang hal itulah yang membuat komunikasi jadi sering salah paham.

Jadi sebelum hal tersebut terjadi, ada baiknya Anda ataupun pasangan memahami sejumlah trik agar tak salah paham berikut ini saat berkomunikasi dengan pasangan.

Belajar terbuka soal perasaan masing-masing jadi trik agar tak salah paham!

Mungkin Anda akrab dengan istilah memberi ‘kode’ pada pasangan tentang perasaan yang sedang dirasakan. Padahal hal itu tidak efektif dan membuat pasangan tidak bisa mengerti sepenuhnya.

Jadi akan lebih baik jika lebih terbuka tentang perasaan masing-masing. Misalnya saat marah, maka bilang saja Anda sedang marah, atau ada yang tidak Anda suka dengan sifatnya, maka utarakan saja.

Dengan saling terbuka dan jujur pada perasaan masing-masing, bukan tidak mungkin bisa membentuk komunikasi yang sehat dan salah paham bisa diminimalisir.

Selain itu trik agar tak salah paham ini membut Anda dan pasangan lebih mudah mengontrol emosi serta berpikir lebih jernih saat berbeda pendapat.

Memang, suatu kejujuran itu terasa menyakitkan, namun Anda dan pasangan jadi mudah untuk menemukan solusi yang paling baik dari pengalaman itu.

Utarakan dengan jelas yang diinginkan

Trik agar tak salah paham yang ini mungkin sering diabaikan. Jangan pernah menganggap pasangan Anda mengetahui segalanya tentang Anda terutama apa yang sedang Anda inginkan.

Pasalnya, pasangan Anda itu hanya manusia biasa yang perlu diberitahu tentang keinginan Anda begitu pula sebaliknya. Jika Anda marah, katakan saja sedang marah.

Temukan solusi bersama atas permasalahan tersebut. Jangan lupa juga untuk jadi pendengar yang baik bagi pasangan, sebelum memberi tanggapan.

Itu juga salah satu trik agar tak salah paham dan mampu untuk membantu supaya lebih mengerti apa yang diinginkannya.

Hindari sikap menyalahkan

Untuk trik agar tak salah paham satu ini cukup penting, jangan pernah saling menyalahkan. Memang tanpa sadar, hal tersebut sering muncul, apalagi saat berselisih paham.

Disarankan untuk merefleksikan diri terlebih dahulu sebelum mengungkapkan isi hati. Bisa jadi, Anda juga melakukan kesalahan yang sama.

Dengan menyalahkan dan memojokkan demi harga diri pribadi, akan membuat pertengkaran semakin hebat, parahnya bisa saling menyinggung perasaan masing-masing.

Nah, karena komunikasi dengan pasangan itu hal yang penting, ada baiknya Anda lebih mempelajari trik agar tak salah paham seperti di atas!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait