Tuan Rumah Bersama Piala Dunia 2034, Didukung Pemimpin Negara ASEAN

 

Tandaseru – Federasi Sepak Bola Asia Tenggara atau AFF mengapresiasi dukungan para pimpinan negara ASEAN untuk menjadi tuan rumah bersama pada Piala Dunia FIFA 2034.

Presiden AFF Mayor Jenderal Khiev Sameth seperti dikutip laman resmi AFF menyebutkan sejumlah pemimpin negara ASEAN memberikan dukungan dalam pengajuan tawaran menjadi tuan rumah bersama pada proses bidding Piala Dunia FIFA 2034.

“Saya melihat ASEAN secara kolektif merupakan kawasan ekonomi terbesar ketiga di Asia dan terbesar ketujuh di dunia, memiliki potensi untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA yang sukses,” ungkap Sameth.

Dia mengatakan Piala Dunia 2034 bagi negara ASEAN akan menghasilkan manfaat perkembangan ekonomi dan olah raga ke arah yang lebih baik di wilayah ini, juga akan memperkuat ikatan bagi 640 juta orang,” tutur Sameth lagi.

Wakil Presiden AFF yang juga Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria mengatakan dukungan ini menunjukan semangat dan visi yang kuat dari negara kawasan ASEAN. Inisiasi untuk menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia 2034 sebelumnya sudah dideklarasikan pada pertemuan AFF di Bali pada tahun 2018 lalu.

Ketua ASEAN, Jenderal Prayuth Chan o-cha mengungkapkan 10 negara anggota ASEAN sepakat untuk meluncurkan upaya bersama untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA pada 2034. Gagasan itu diusulkan kepada para pemimpin regional pada KTT ASEAN ke-34 di Thailand kemarin.

“Saya ingin memberi tahu orang-orang ASEAN bahwa hari ini, para pemimpin mendukung keinginan bersama ASEAN untuk mengembangkan upaya bersama untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA pada tahun 2034,” ucap Jenderal Prayuth yang merupakan Perdana Menteri Thailand.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id