Tanda Seru
Cek Fakta Berita di Indonesia

Ungkap Pil Happy Five yang Nggak Bikin Happy!

JAKARTA (!) – Kasus narkoba kembali marak, ada salah satu jenis narkoba yang menjadi sorotan bahkan diprediksi paling laku terjual saat tahun baru kemarin. Happy Five merupakan jenis narkoba yang sama sekali tidak bikin happy!

Happy Five atau erimin itu apa?

Nama narkoba satu ini cenderung nyeleneh, bahkan kerap dianggap menjadi obat yang bisa bikin ‘happy’. Nyatanya, Happy Five atau erimin merupakan obat keras untuk gangguan psikologi dengan nama generik nimetazepam.

Obat ini dikembangkan di Jepang serta Tiongkok yang termasuk golongan benzodiazepine. Awalnya, obat tersebut memang diresepkan untuk pasien gangguan tidur seperti insomnia serta kejang otot dengan cara memperlambat aktivitas sistem saraf otak.

Karena obat yang keras maka dokter baru akan meresepkan jika pasien tidak merespon obat lainnya. Maka bisa dikatakan, obat ini diberikan jika dalam keadaan terpaksa dan tidak bisa sembarangan.

Jika disalahgunakan bisa sangat berbahaya!

Erimin kerap disalahgunakan sebagai narkoba, terutama di negara-negara Asia termasuk Indonesia. Salah satu kasus yang melibatkan Happy Five adalah kasus narkoba yang menimpa anak Jeremy Thomas tahun 2017 lalu.

Jika obat ini dikonsumsi tidak dalam pengawasan dokter dan menggunakan dosis rendah, bukan rasa tenang yang akan didapat, melainkan efek samping lain yang akan terasa seperti sakit perut, muncul ruam pada kulit, linglung, pusing, tremor atau gemetaran hingga diare.

Sementara, jika seseorang mengonsumsi Happy Five tanpa resep dokter dan dosis yang berlebihan, maka akan berdampak lebih parah lagi seperti kecanduan atau ketergantungan, hilang kesadaran atau pingsan, tidak dapat berpikir logis serta jernih hingga gangguan penglihatan.

Belum berhenti sampai disitu, efek samping lain seperti susah bicara, tidak bisa mengendalikangontrol gerakan tubuh, tidak bisa konsentrasi dan daya ingat melemah juga bisa dialami para pecandu Happy Five.

Jika sakau gejalanya nggak kalah menyedihkan!

Gejala seseorang yang sakau akibat Happy Five, mulai dari timbul kecemasan berlebihan, gelisah, kejang-kejang hingga kematian.

Di samping itu, konsumsi erimin atau Happy Five dalam jangka yang panjang terbukti pada beberapa penelitian dapat berisiko meningkatkan beragam jenis kanker serta melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Maka, tidak seperti namanya, efek samping dari pemakaian Happy Five bukan bahagia atau happy, justru dapat mengancam nyawa seseorang yang mengonsumsinya.

Anda mungkin juga berminat