Usai Badai Tropis Mangkhut, Waspada 3 Hari Kedepan Hujan Petir

Tandaseru – BMKG mengemukakan berakhirnya badai tropis Mangkhut beberapa hari yang lalu akan menyebabkan perubahan pola cuaca yang ditandai turut melemahnya aktivitas aliran massa udara kering dari Australia, dan menjauh dari wilayah Indonesia.

“Untuk itu, masyarakat perlu waspada terhadap potensi adanya peningkatan potensi hujan di sebagian wilayah Indonesia,” ungkap Deputi Bidang Meteorologi BMKG Mulyono Prabowo dalam keterangan tertulisnya yang diterima Rabu (20/9/2018) .

Prabowo menjelaskan adanya pola sirkulasi siklonik di sekitar Laut Cina Selatan, peningkatan kelembapan udara yang basah di lapisan atmosfer pada ketinggian sekitar 1.500 dan 3.000 meter.

Selain itu, belokan arah angin dan perlambatan kecepatan angin pada lapisan atmosfer bagian bawah (sekitar 1.000 meter) akan mengakibatkan  pembentukan dan pertumbuhan awan hujan di sejumlah wilayah Indonesia.

“Kondisi dinamis atmosfer tersebut dapat meningkatkan potensi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang di beberapa wilayah Indonesia dalam periode 3 hari kedepan (20 – 22 September 2018),” ujar Prabowo.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -