Wajib Coba! Tips Paling Ampuh Atasi Bau Mulut saat Berpuasa

Tandaseru – Selama Bulan Ramadhan, umat muslim akan menjalankan kewajibannya untuk berpuasa. Tidak makan dan minum di pagi dan siang hari. Nah, masalah yang sering dialami adalah bau napas. Maka Anda perlu tahu bagaimana cara atasi bau mulut saat berpuasa.

Bau napas tak sedap biasanya timbul karena mulut seseorang dalam keadaan kering sehingga bakteri berkumpul dan memproduksi bau tak sedap.

Tidak makan dan minum selama lebih dari 12 jam memang menimbulkan bau mulut yang tidak sedap. Namun hal tersebut jangan sampai mengganggu aktivitas sehari-hari.

Atasi bau mulut saat berpuasa dengan minum banyak air setelah berbuka

Setelah adzan maghrib berkumandang, segeralah minum air putih. Usahakan minum air setiap 30 menit sekali mulai dari jam 6 sore hingga jam 3 pagi.

Tujuannya untuk memenuhi kebutuhan harian sebanyak 3 liter air. Meski Anda sedang berpuasa, maka jangan sampai kekurangan air ya!

Sebab alasan utama bau mulut yaitu kekurangan air dan mulut kering.

Berkumur dengan air cengkeh

Untuk mencegah bau mulut saat berpuasa, sebaiknya Anda berkumur menggunakan air cengkeh. Tenang saja, pembuatannya cukup mudah.

Caranya, cukup dengan merebus 4 biji cengkeh dan air. Rebusan air cengkeh ini bisa membantu menghilangkan bakteri di mulut.

Air cengkeh ini bisa Anda gunakan sebagai obat kumur, bisa dicoba dua kali sehari. Setelah makan sahur dan sesaat sebelum tidur.

Sikat gigi dengan baking soda

Ternyata baking soda juga dapat menanggulangi bau mulut loh. Pasalnya, baking soda bisa mengurangi bakteri dan kadar asam pada mulut Anda.

Caranya, campurkan 1/4 cangkir baking soda dengan dua sendok makan kulit lemon dan tambahkan dua sendok teh garam. Nah, gunakan campuran tersebut untuk gosok gigi.

Makan Sayur dan Buah

Bahaya! Makanan Sehat Ini Nggak Boleh Dimakan Keseringan
Makanan Sehat

Sayur dan buah menjadi salah satu makanan pembersih gigi alami, bisa menghilangkan plak dan sisa makanan. Kedua makanan ini memiliki antioksidan yang diperlukan untuk kesehatan.

Hindari kopi dan keju

Dan tips yang terakhir, atasi bau mulut saat berpuasa dengan menghindari minum kopi dan makan keju. Alasannya, kopi dan keju cenderung menyebabkan bau mulut.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -