Wakapolri Tinjau Langsung Kesiapan Penanganan Karhutla di Kalbar

Tandaseru – Wakapolri, Komjen Pol. Ari Dono Sukmanto meninjau langsung untuk memastikan kesiapan penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), Jumat (13/9).

Wakapolri, menyatakan, penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) tidak hanya fokus melakukan pemadaman saja, melainkan juga terus mengedukasi masyarakat dalam mencegahnya.

“Dalam hal penanganan Karhutla tidak hanya dalam bentuk pemadaman, tetapi pre-emtif dan sosialisasi juga harus diintensifkan. Hal itu harus dilakukan di lingkungan Polda Kalbar,” tegas Wakapolri.

Dari hasil supervisi di Polda Kalbar dalam hal penanganan Karhutla sudah cukup bagus, apalagi sudah dibentuk satgas-satgas dalam penangan Karhutla yang tidak hanya melibatkan instansi pemerintah tetapi juga pihak masyarakat.

Sementara itu, dalam aspek penegakan hukum hingga saat ini sudah sebanyak 52 kasus Karhutla yang diproses hukum, di antaranya sebanyak 50 kasus perorangan, dan dua kasus korporasi.“Dari KLHK juga menyatakan, sebanyak 26 korporasi yang saat ini sedang diproses,” ungkap Ari Dono.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait