Wanita Saudi Boleh Menyetir pada Juni 2018 Mendatang

Tandaseru.id – Pemerintah Arab Saudi akhirnya secara resmi mencabut larangan mengemudi bagi wanita Saudi dan membolehkan mereka menyetir pada 24 Juni 2018 mendatang.

Keputusan ini menyusul Dekrit Raja Salman pada September 2017 yang sejalan dengan Visi 2030 dari Pangeran Mohammed bin Salman.

Syaratnya, para wanita di Saudi yang berusia minimal 18 tahun harus mengikuti tes untuk memiliki surat izin mengemudi.

Selain itu, perempuan Saudi yang memiliki surat izin mengemudi dari luar negeri juga boleh meminta surat izin domestik melalui proses terpisah untuk menilai kemampuan mengemudi mereka.

Dikutip dari Reuters, Kamis (10/5/2018), saat ini pemerintah Arab Saudi tengah mempersiapkan fasilitas penerbit surat izin mengemudi, dan diperkirakan fasilitas tersebut akan beroperasi awal Juni 2018.

Saat ini, di Arab Saudi telah ada lima sekolah mengemudi bagi wanita yang gurunya juga dari kalangan wanita yang telah mendapat surat izin mengemudi dari luar negeri.

Dengan dibolehkannya wanita mengemudi, tentunya akan membuat para wanita tak perlu lagi minta izin dari kerabat laki-laki atau sopir pria ketika ingin bepergian.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -