Sejuk Bener, Wisata ke 3 Air Terjun di Madiun Yuk Liburan ini!

Tandaseru – Libur Lebaran selain diisi dengan kegiatan mudik, tentu kegiatan seperti pergi ke tempat-tempat wisata jadi hal yang paling menyenangkan. Jika kampong halaman Anda berada di Madiun atau dekat dengan kota tersebut, ada sejumlah wisata air terjun di Madiun yang hits!

Kalau wisata ke pusat perbelanjaan itu membosankan, wisata alam air terjun di Madiun ini bisa jadi pilihan menarik untuk dikunjungi bersama keluarga. Apalagi bagi yang biasa bekerja di kota besar dan penat, melihat pepohonan dan suasana sejuk akan menyegarkan.

Air terjun Seweru jadi wisata air terjun di Madiun yang kece!

Seperti daerah lainnya yang punya tampilan kota yang asri, kota Madiun, Jawa Timur juga punya pemandangan alam indah berupa pegunungan.

Pada lereng Gunung Wilis setinggi 400 meter dari permukaan laut, yang terletak di desa Kare.

Tepatnya di wilayah perkebunan kopi Kandangan, wisatawan tidak hanya bisa menjumpai panorama desa yang indah tapi juga hamparan hijau yang memanjakan mata.

Di lokasi itu pula terdapat air terjun Seweru atau dikenal juga sebagai air terjun Kedung Malam. Lokasi wisata alam nan sejuk tersebut berjarak 15 kilometer dari Kota Madiun dan membentang seluas 6 hektare.

Bukan hanya ada ai terjun, tidak jauh dari sana juga terdapat obyek wisata agro yang dapat dikunjungi. Tanaman perkebunan seperti, apel, jeruk, bunga taman bahkan kebun cengkeh ada di sana.

Air terjun Krecekan Denu

Selain Seweru, tak jauh dari sana ada pula air terjun lainnya yang tidak kalah indah, yaitu air terjun Krecekan Denu. Jika ingin ke sana, air terjun tersebut berada di Desa Kepel, Grape, Madiun.

Karena masih sangat asri dan terjaga keasliannya, banyak wisatawan yang berkunjung menyebut air terjun tersebut sebagai tempat wisata yang masih “perawan”.

Belum banyak orang yang mengetahui lokasi air terjun ini membuat wisatawan harus sedikit berjuang untuk sampai di sana. Wisatawan diharuskan berjalan cukup jauh ke bawah semacam lereng dengan jalur yang cukup melelahkan.

Saat sampai di sana pun wisatwan tidak bisa berenang karena air di sana tidak menggenang. Sekalipun belum banyak yang tahu, untuk masuk ke sana dikenakan biaya tetribusi sekitar Rp5000. Sementara untuk parkir hanya Rp2000 saja.

Air terjun Banyulawe

Bukan hanya dua air terjun di atas, satu lagi yang tidak kalah menyegarkan pandangan adalah air terjun yang terletak sekitar 20 kilometer dari pusat kota ini.

Tepatnya di Gligi, Kepel, Kare Madiun. Jika dari tempat parkir yang tersedia, air terjun tersebut berada 250 meter di bawah dan harus ditempuh dengan berjalan kaki.

Tapi tenang saja, perjalanan itu tidak akan terasa, pasalnya suara air yang turun menghukam tanah sudah terdengar sejak dari tempat parkir.

Saat ingin ke lokasi air terjun Banyulawe sebaiknya membawa bekal serta baju ganti sendiri, tak lupa juga untuk membawa perlengkapan mandi.

Air terjun tersebut sebenarnya bisa dijadikan sebagai pembangkit listrik tenaga air, tapi banyak yang memanfaatkan keindahan air terjun sebagai objek wisata alam.

Terlebih lagi sudah mulai banyak didirikan warung penjual makanan di sekitar lokasi tersebut. Jadi, jika ke Madiun jangan lupa untuk mampir sejenak ke lokasi wisata air terjun di Madiun yang menyegarkan tersebut ya!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -