Wuss, 9 Terowongan Kereta Api Terpanjang di Indonesia

JAKARTA (!) – Sejarah perkeretaapian Indonesia mencatat ada banyak terowongan yang memiliki ukuran yang sangat panjang hingga terdaftar menjadi terowongan kereta api terpanjang di Indonesia.

Sebagian terowongan ini ada yang masih digunakan, ada juga yang tidak difungsikan lagi karena jalurnya yang memang sudah mati dan ada pula yang sengaja ditutup untuk sementara waktu.

Berikut ini adalah 9 terowongan kereta api terpanjang di Indonesia.

Terowongan Wilhelmina

terowongan kereta api

Terowongan terpanjang pertama Wilhelmina di bangun pada zaman penjajahan Belanda dan diresmikan pada tanggal 1 Juni 1921. Memiliki panjang sekitar 1208 meter.

Terowongannya kini sungguh memprihatinkan, relnya yang hilang dan terowongan yang tak terurus sampai dirambati akar-akar semak belukar.

Terowongan Dwi Bakti Karya

terowongan kereta api

Terowongan ini dibangun pada 1969 dan terletak di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Terowongan ini menjadi salah satu terowongan kereta pertama yang dibangun oleh Republik Indonesia. Panjang terowongan ini adalah 400 meter

Terowongan Eka Bakti Karya

terowongan kereta api

Terowongan Eka Bakti Karya merupakan pasangan kembar dari terowongan Dwi Bakti Karya (DBK). Terowongan ini dibangun pada 1969 dan memiliki panjang 850 meter.

Terowongan Gunung Gajah

Dibangun pada 1924-1925 oleh arsitek Belanda, Willem dan saat itu diberi nama Willem Synja Tunnel. Terowongan Gunung Gajah panjangnya mencapai 368 meter.

Meski beredar kabar bangunan ini mistis karena banyaknya korban saat kerja rodi pada masa penjajahan.

Namun terowongan ini tetap digunakan sebagai jalur penghubung menuju kota Tebing tinggi kabupaten Empat Lawang dan kota Lubuk Linggau.

Terowongan Ijo

terowongan kereta api

Terowongan Ijo memiliki panjang 580 meter, dibangun oleh kolonial Belanda dan masih berfungsi hingga sekarang.

Dibangun sejak 1885-1886 dan menjadi salah satu terowongan kereta tertua di Indonesia.

Terowongan Lampegan

terowongan kereta api

Stasiun Lampegan pernah ditutup pada 2001 karena longsor besar hingga memotong panjang terowongan yang membelah bukit gunung Kencana, dulu sepanjang 686 meter hingga tersisa 400 meter saat ini.

Didirikan pada 1879-1882, terowongan ini juga menjadi salah satu yang tertua di Indonesia. Terowongan ini berada di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Terowongan Mrawan

terowongan kereta api

Terletak disebelah Barat Stasiun Mrawan, Sidomulyo, Jember. Terowongan ini dibangun  saat masa kolonial Belanda pada 1901-1902.

Terowongan Mrawan selesai dibangun pada 1910 oleh Staatsspoorwegen, sebuah perusahaan kereta api Hindia Belanda. Terowongan ini memiliki panjang 690 meter.

Terowongan Sasaksaat

Terowongan Sasaksaat

Terowongan Sasaksaat menjadi terowongan terpanjang yang masih aktif saat ini di Indonesia. Dibangun oleh Staatsspoorwegen pada 1902-1903, Terowongan yang memiliki kemiripan dengan terowongan Mrawan di Jember ini memiliki panjang 949 meter.

Terowongan Tebing Tinggi

Terowongan Sasaksaat

Terowongan terpanjang ke 8 ini berada di Sumatra Selatan, tepatnya di Saungnaga, Tebing Tinggi dan masih aktif digunakan. Terowongan ini dibangun 1928-1929 di masa kolonial Belanda dan memiliki panjang 424 meter.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -