Polisi: Sebagai Pemuka Agama, Ustad Bachtiar Diyakini akan Penuhi Panggilan

Tandaseru – Polisi menyebut sebagai ulama, Ustad Bachtiar Nasir akan memenuhi panggilan penyidik terkait kasus dugaan penyelewengan dana Yayasan Keadilan untuk Semua (YKUS). Saat ini Bachtiar Nasir diketahui berada di Saudi Arabia untuk mengikuti Liga Muslim Dunia.

“Sampai saat ini belum, tunggu sajalah, saya kira UBN pemuka agama insyaallah dia paham betul tentang prinsip-prinsip warga negara, prinsip negara hukum,” kata Kadiv Humas Polri Irjen M Iqbal di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (16/5/2019).

Dia menegaskan ketokohan Bachtiar Nasir tak akan tercederai dengan adanya kontestasi Pemilu 2019. Menurut Iqbal, Bachtiar Nasir akan memenuhi panggilan penyidik sebagaimana Kivlan Zen yang juga menghadiri pemeriksaan di Bareskrim beberapa waktu lalu.

“Saya kira kontetasi pemilu saat ini insyaallah tidak akan mencederai simbol ketokohan masing-masing. Kalau dipanggil aparat pasti akan datang. Alhamdulillah kemarin pak KZ juga datang,” ujarnya.

Polisi sebelumnya menyatakan akan melakukan penjemputan paksa karena Bachtiar sudah 3 kali tidak memenuhi panggilan penyidik sebagai tersangka. Bachtiar sendiri merupakan tersangka kasus dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) dan penggelapan dana Yayasan Keadilan untuk Semua (YKUS).

“Tentunya nanti penyidik akan berkoordinasi dengan stakeholder terkait apabila kami sudah dapat informasi yang bersangkutan sudah hadir atau datang ke Indonesia. Maka, sesuai kewenangan penyidik yang diatur dalam KUHAP, penyidik akan melakukan penjemputan,” ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo di Mabes Polri Jakarta Selatan, Selasa (14/5).

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait