Tanda Seru
Cek Fakta Berita di Indonesia

Yuk Aktifkan Fitur Parental Control di Play Store

JAKARTA (!) –  Saat ini banyak pengguna ponsel dari kalangan anak-anak, yang tak jarang membuat orangtua prihatinan. Untuk mengatasinya, Google menanamkan fitur Parental Control di Play Store mereka.

Diharapkan dengan fitur Google tersebut akan mengurangi sedikit kekhawatiran orang tua akan dampak negatif menggunakan ponsel pada anak-anak.

Ya, sederet dampak negatif memang ada pada sebuah ponsel, mulai dari penyebaran materi pornografi hingga kecanduan game yang membat anak malas belajar dapat sedikit teratasi dengan fitur itu.

Memang, saat ini beberapa vendor smartphone telah memberikan solusi dengan menyediakan Kids Space, tetapi alangkah lebih baik lagi jika para orantua juga mengaktifkan Parental Control di Play Store.

Lepas dari itu semua, begini ini cara mengaktifkan fitur Parental Control pada Play Store, silakan disimak uraian singkat di bawah ini.

Pertama, buka aplikasi Play Store pada Android lalu masuk ke  pengaturan dengan cara menggeser jari dari sebelah kiri ke kanan.

Kedua, temukan menu Parental Control dan pastikan dalam aktif. Jika belum, aktifkan dengan cara menggeser tombol ke samping kanan. Lalu buatlah PIN untuk mengubah pengaturan parental control.

Ketiga, lakukan pembatasan konten dengan menyentuh Apps & Games. Anda akan melihat kategori pembatasan berdasarkan usia.

Dengan demikian, hanya game atau aplikasi dengan rating usia yang sudah dipilih saja akan ditampilkan Google dalam Play Store mereka.

Itulah cara agar anak-anak tidak terpengaruh konten-konten negatif yang ada pada ponsel. Yuk aktifkan fitur tersebut!

Anda mungkin juga berminat