Tanda Seru
Cek Fakta Berita di Indonesia

Yuk, Tengok Negara Lain Merayakan Malam Tahun Baru

JAKARTA (!) – Tiap 31 Desember, seluruh dunia bersiap-siap merayakan pergantian tahun, dan diakhiri pada 1 Januari dinihari.

Mari kita lihat tradisi dan perayaan paling populer yang berlangsung di seluruh dunia, seperti dikutip situs Aljazeera, Sabtu (30/12).

Australia, India, dan Rusia

Wellington, Selandia Baru, adalah ibu kota kota pertama yang menyambut Tahun Baru. Dewan lokal biasanya mengatur pesta dan karnaval jalanan serta pertunjukan kembang api.

Di negara Bagian Brisbane, Australia, warga setempat berkumpul di lokasi sekitar Sungai Brisbane untuk menyaksikan kembang api dan petasan.

Goa dan Kerala, India, merupakan tempat tujuan favorit dikunjungi selama malam pergantian tahun. Di Rusia ada sedikit yang unik.

Lima menit menjelang pergantian tahun, Presiden Vladimir Putin, secara tradisional, memberikan pidato di televisi nasional.

Setelah itu dilanjutkan mendengar bunyi bel jam di Istana Kepresidenan Kremlin sebanyak 12 kali yang disiarkan langsung di radio atau maupun televisi di negeri Beruang Putih.

UEA, Lebanon, dan Spanyol

Di Dubai, UEA, kembang api Tahun Baru ditempatkan dari Pantai Jumeirah dan gedung tertinggi di dunia, Burj Khalifa.

Namun, tahun ini kembang api akan diganti dengan pertunjukan laser, karena masalah keamanan.

Malam tahun baru.
Tahun baru identik dengan pesta kembang api dan petasan.

Ibu kota Lebanon, Beirut, merayakan malam pergantian tahun dengan makan malam di antara keluarga dan teman, kemudian melakukan hitung mundur sampai tepat pukul 00.01 yang disiarkan di televisi setempat.

Sementara di Madrid, Spanyol, hitung mundur diikuti oleh jam di atas Gedung Casa de Correos di Puerta del Sol Square. Namun, ada kebiasaan harus makan 12 butir anggur sebelum Tahun Baru.

Brasil, Amerika Serikat dan Venezuela

Rio de Janeiro, Brasil, warga berbondong-bondong pergi ke Pantai Copacabana yang terkenal di kota itu untuk melihat kembang api.

Di New York, AS, saat malam pergantian tahun diadakan ‘drop bola’ yang digelar di New York City Times Square.

Drop bola adalah bola kristal Waterford yang terletak di atap One Times Square diturunkan menjadi sebuah tiang setinggi 70 kaki, atau mencapai atap bangunan, selama 60 detik sebagai tanda tahun telah berganti.

Terakhir, Caracas, Venezuela. Lonceng Gereja Katedral Caracas berbunyi 12 kali, diiringi lagu-lagu tentang akhir tahun yang biasa dikenal Gaitas yang diputar di radio-radio.

Anda mungkin juga berminat