FOKUS

15 Juta Data Pengguna Tokopedia Dikabarkan Bocor

JAKARTA (tandaseru) – Sebanyak 15 juta data pengguna Tokopedia dikabarkan bocor dan ditawarkan di forum online pada 20 Maret lalu.

Informasi tersebut diungkap oleh akun Twitter @underthbreach yang mengaku sebagai layanan pengawasan dan pencegahan kebocoran data asal Israel.

Adapun data pengguna yang bocor berupa email, hash kata kunci, nama, dan nomor telepon pengguna muncul di situs tersebut.

Dalam tangkapan layar yang dibagikan di media sosial disebut kalau peretas masih harus memecahkan algoritma untuk membuka hash dari password para pengguna itu.

“Seseorang membocorkan basis data Tokopedia, perusahaan teknologi besar asal Indonesia yang menjalankan E-commerce,” tulis akun tersebut.

“Peretasan dilakukan pada 20 Maret dan berpengaruh pada 15 juta pengguna, meski peretas menyebut masih banyak lagi. Basis data (yang diretas) termasuk email, hash password, nama,” lanjutnya.

Unggahan tersebut langsung ramai dikometari pengguna Indonesia, bahkan sebagian pengguna menyarakan agar pengguna Tokopedia segera mengganti kata kunci akun mereka.

Sebelumnya, Peretas Pakistan, Gnosticplayers mengklaim telah meretas puluhan situs web populer termasuk salah satunya Bukalapak.

Gnosticplayers mengungkapkan ada 13 juta akun Bukalapak yang telah diretas dan dijual di Dream Market, situs jual beli di dark web.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait