Warna-Warni Indonesia
Photo credit: photographed by Pressfoto on Freepik.com

Saat Pembahasan e-KTP Teguh Mengaku Sakit

Kasus Korupsi e=KTP

JAKARTA (!) – Mantan Wakil Ketua Komisi II DPR RI Teguh Djuwarno yang dihadirkan oleh jaksa penuntut umum KPK sebagai saksi dalam lanjutan sidang kasus proyek pengadaan KTP elektronik mengaku tidak ikut rapat pembahasan KTP-E karena sakit.

“Pada saat pembahasan KTP-E, saya tidak hadir sehingga saya tidak bisa memberikan catatan. Pada rapat 5 Mei 2010 itu saya sedang terbaring sakit karena putus otot tendon kaki saat main futsal. Pada tanggal 7 Mei saya harus operasi besar,” kata Teguh dalam sidang kasus proyek KTP-E di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Kamis.

“Secara faktual Saudara tidak pernah ikut pembahasan KTP-E, pernah tanda tangan surat terkait dengan KTP-E?” tanya salah satu anggota Majelis Hakim. “Tidak pernah,” jawab Teguh.

“Dalam surat dakwaan, baik dalam rapat pada tanggal 5 Mei 2010. Sebelum rapat itu, terdakwa satu (Irman) bertemu dengan Gamawan Fauzi, Diah Anggraini, Ganjar Pranowo, Taufik Effendi, dan Teguh Djuwarno, Saudara di mana?” tanya Hakim.

“Keterangan tersebut keliru. Saat itu saya sedang sakit, saya bisa serahkan surat rekam medisnya,” jawab Teguh.

Dalam persidangan, Teguh sempat menyatakan bahwa terdapat dua rapat penting terkait dengan pembahasan KTP-E di Komisi II DPR RI, pertama pada tanggal 5 Mei 2010 dan kedua pada tanggal 11 Mei 2010.

“Jumlah rapat KTP-E yang terjadi tentu tidak hafal. Berdasarkan notula bulan Mei ada dua rapat penting. Pertama rapat kerja dengan Mendagri dengan Komisi II pada tanggal 5 Mei 2010 itu rapat usulan anggaran kemudian rapat dengar pendapat (RDP) dengan Sekjen Kemendagri pada tanggal 11 Mei 2010,” ucap Teguh.

Dalam dakwaan disebut bahwa Teguh Djuwarno menerima 167.000 dolar AS terkait dengan proyek sebesar Rp5,9 triliun tersebut.

Terdakwa dalam kasus ini adalah Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Irman dan Pejabat Pembuat Komitmen pada Dukcapil Kemendagri Sugiharto.

Atas perbuatannya, Irman dan Sugiharto didakwa berdasarkan Pasal 2 Ayat (1) atas Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU No 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Korupsi juncto Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP.

Pasal tersebut mengatur tentang orang yang melanggar hukum, menyalahgunakan kewenangan, kesempatan atau sarana yang ada padanya jabatan atau kedudukan sehingga dapat merugikan keuangan dan perekonomian negara dan memperkaya diri sendiri, orang lain atau korporasi dengan ancaman pidana penjara maksimal 20 tahun denda paling banyak Rp1 miliar.

Puluhan pihak disebut menikmati aliran dana pengadan KTP elektronik pada tahun anggaran 2011 s.d. 2012 dari total anggaran sebesar Rp5,95 triliun.

7 Komen
  1. sci-diyala

    … [Trackback]

    […] Read More to that Topic: tandaseru.id/2017/03/27/saat-pembahasan-e-ktp-teguh-mengaku-sakit/ […]

  2. dentitox reviews berkata

    Dentitox Pro is a liquid dietary solution created as a serum to support healthy gums and teeth. Dentitox Pro formula is made in the best natural way with unique, powerful botanical ingredients that can support healthy teeth. https://dentitoxbuynow.us/

  3. kent news berkata

    Read the latest news on Crime, Politics, Schools, Sports, Weather, Business, Arts, Jobs, Obits, and Things to do in Kent Washington. https://kentnews.us/

  4. peninsula news berkata

    Peninsula News is a daily news website, covering the northern Olympic Peninsula in the state of Washington, United States. https://peninsulanews.us

  5. valley news berkata

    Get Lehigh Valley news, Allentown news, Bethlehem news, Easton news, Quakertown news, Poconos news and Pennsylvania news from Morning Post. https://morningpost.us

  6. california news berkata

    OCNews.us covers local news in Orange County, CA, California and national news, sports, things to do and the best places to eat, business and the Orange County housing market. https://ocnews.us

  7. Douceur Beauty

    … [Trackback]

    […] Find More Information here on that Topic: tandaseru.id/2017/03/27/saat-pembahasan-e-ktp-teguh-mengaku-sakit/ […]

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com