Warna-Warni Indonesia
Foto Iustrasi foto; ist

Mesir Berlakukan Keadaan Darurat, Korban Bom Bertambah

Diberlakukan Tiga Bulan

MESIR (!)-Selama tiga bulan di seluruh Mesir dinyatakan dalam keadaan darurat menyusul dua serangan bom di gereja Koptik pada hari Minggu (09/04). Pihak berwenang dapat melakukan penangkapan tanpa surat perintah penangkapan.

Demikian pernyataan resmi Presiden Abdul Fattah al-Sisi di istana presiden setelah menghadiri pertemuan Dewan Pertahanan Nasional untuk membahas serangan yang terjadi bertepatan dengan perayaan Minggu Palma untuk menandai masuknya Yesus Kristus ke Jerusalem.

foto: ist

Keadaan darurat akan diterapkan setelah ditempuh semua “langkah legal dan konstitusional”. Mayoritas anggota parlemen mendukung Presiden Sisi. Kondisi ini tentunya bagi aparat keamanan dapat melakukan penggeledahan di rumah-rumah penduduk tanpa surat perintah.

Meski demikian, kalangan aktivis hak asasi manusia mengkhawatirkan langkah Presiden Sisi tersebut, Pasalnya, selama ini mantan petinggi militer itu dikritik oleh kelompok HAM di dalam negeri maupun luar negeri karena dinilai sangat membatasi hak sipil dan politik di Mesir.

Dalam serangan di Gereja Mar Gigris (St. George) di kota Tanta, sekitar 94km dari Kairo membuat 44 orang meninggal dunia dan banyak lainnya luka-luka. Kelompok yang menamakan diri Negara Islam (ISIS) mengaku bertanggung jawab atas dua serangan.(bbc/arh)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com