Polda Banten dan Polda Jabar  Cegah Pengerahan Massa ke Jakarta

0

BANTEN (!)- Polda Banten dan Polda Jabar melakukan pengamanan di pintu-pintu tol yang mengarah ke Jakarta guna mencegah pengerahan massa dalam rangka hari pencoblosan Pilgub DKI putaran kedua pada Rabu 19 April 2017.

“Pengamanan di pintu tol sudah ada SOP (standard operating procedure) untuk pengamanan, mulai hari ini sudah diberlakukan sampai pada hari H,  diberlakukan,” kata Wakapolda Banten Kombes Aan Suhanah di Kramatwatu, Kota Serang, Banten, Senin 17 April 2017.

Aan mengatakan polisi akan mencegat truk dan bus yang membawa massa dari Banten ke Jakarta. Polisi lalu akan melakukan pemeriksaan dan apabila berkaitan dengan Pilgub DKI maka akan dipulangkan ke daerahnya masing-masing.

“Kita akan melakukan penyekatan, karena jelas tidak boleh. Akan kita kembalikan kalau ada yang berusaha mau ke Jakarta,” kata Aan.

Sementara itu, Kapolda Jabar Irjen Pol Anton Charliyan mengeluarkan maklumat . Warga masyarakat di Jabar diminta untuk tidak melakukan mobilisasi ke Jakarta saat pencoblosan pada 19 April mendatang. Hal itu untuk mengantisipasi gangguan saat Pilkada DKI Jakarta putaran kedua ini.

Warga masyarakat Jabar agar tidak terprovokasi datang ke Jakarta melakukan aksi menyampaikan pendapat di muka umum terkait Pilkada di DKI Jakarta dalam bentuk apapun.

Kapolda juga menyampaikan agar tidak mengirimkan massa dengan jumlah besar untuk mengikuti aksi unjuk rasa di DKI Jakarta, karena akan berpotensi menimbulkan konflik dan gangguan keamanan serta ketertiban umum,” ungkap Kapolres Cimahi AKBP Ade Ary Syam Indradi menindak lanjuti maklumat tersebut kepada warga Cimahi .

Menurutnya penegak hukum tak akan segan memberikan sanksi kepada masyarakat di Jabar yang memaksakan datang ke Jakarta. Polisi akan mengenakan sanksi sebagaimana diatur dalam pasal 169 ayat 2 KUHPidana dengan ancaman hukuman 9 bulan penjara. (arh)

1 Comment
  1. try this site

    … [Trackback]

    […] Find More to that Topic: tandaseru.id/2017/04/18/polda-banten-dan-polda-jabar-cegah-pengerahan-massa-ke-jakarta/ […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.