Warna-Warni Indonesia
foto: istimewa/setkab

AS dan Indonesia Tindaklanjuti Kerjasama Perdagangan dan Investasi

Kunjungan Wapres AS Michael Pence

JAKARTA (!)-Penguatan kerja sama dan kemitraan strategis  Amerika Serikat dengan Indonesia bidang perdagangan, investasi, dan perdamaian akan ditindaklanjuti karena menjadi komitmen kedua negara.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi dalam pernyataan pers bersama Wakil Presiden AS Michael Richard Pence di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis. Namun kata Presiden, komunikasi secara telepon sudah ia lakukan dengan Presiden Donald Trump sejak Januari 2017

“Merupakan kehormatan bagi Indonesia menerima kunjungan Wakil Presiden Amerika Serikat Yang Mulia Michael Richard Pence. Ini adalah pertemuan pertama saya dengan administrasi baru Amerika Serikat,” kata Presiden Jokowi.

Wakil Presiden Pence dan Presiden Jokowi telah membahas sejumlah isu baik bilateral maupun internasional. “Yang pertama komitmen Amerika untuk meningkatkan `strategic partnership` dengan Indonesia akan fokus pada bidang bidang kerja sama dan investasi,” kata Presiden Jokowi seperti dikutip dari laman antara.

Untuk kepentingan itu, pada bulan depan akan ada tim yang membahas tentang pengaturan perdagangan dan investasi bilateral berdasarkan prinsip prinsip “win win solution” antara kedua negara.”Yang kedua sebagai negara Muslim terbesar di dunia dan negara demokrasi ketiga terbesar di dunia kita juga sepakat untuk menguatkan kerja sama di bidang perdamaian,” kata Jokowi.

Presiden Jokowi sekaligus menitipkan salam untuk Presiden Donald Trump melalui Wapres Pence. Usai pernyataan pers bersama, Presiden Jokowi mengundang Wapres Pence untuk menyaksikan penampilan budaya tari pendet khas Bali di Istana Negara Jakarta.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengajak Wakil Presiden Amerika Serikat Michael Richard Pence untuk melakukan “veranda talks” di halaman belakang Istana Merdeka, Jakarta.”Veranda talks” dilakukan selama sekitar 10-15 menit dan keduanya tampak akrab ditemani teh hangat.

“Veranda talks” merupakan kesempatan yang diberikan Kepala Negara RI kepada tamu-tamu yang dianggapnya memiliki kedekatan khusus. Tidak seluruh tamu negara diberikan kesempatan untuk agenda “veranda talks” bersama Presiden Jokowi.(arh)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com