Warna-Warni Indonesia
Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian Berikan Penghargaan kepada Aiptu Sunaryanto karena memiliki kemampuan diskresi yang tepat. Foto: istimewa/tribrata

Ini Ganjaran dari Kapolri atas Tindakan Diskresi Aiptu Sunaryanto

Penghargaan Kepada Anggota Polri

JAKARTA (!)- Tindakan diskresi yang tepat pada saat aksi penyanderaan terhadap ibu dan anak pada Minggu (9/4).di Jakarta Timur yang dilakukan Aiptu Sunaryanto ternyata membuahkan sebuah pin emas.

Atas keberhasilannya, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian menyematkan pin emas  itu kepada  Aiptu Sunaryanto. Selain pin emas, anggota Polantas Polres Metro Jakarta Timur itu juga diberi kesempatan melanjutkan sekolah alih golongan.

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mengatakan penghargaan  itu diberikan karena telah melakukan tindakan diskresi dengan tepat.Tindakan diskresi adalah kemampuan menilai sebuah peristiwa dan kemudian mengambil opsi tindakan yang tepat dalam rangka menjamin keselamatan masyarakat.

Tindakan diskresi ini merupakan kewenangan yang melekat pada seluruh anggota polisi di dunia termasuk anggota Polri. Untuk menentukan tindakan diskresi yang tepat tidak mudah. Untuk bisa memiliki kemampuan diskresi yang tepat, seorang polisi memerlukan pelatihan dan pengalaman di lapangan.

“Tindakan ini memang tidak mudah, makanya ada istilah polisi itu kaki kanannya ada di penjara, kaki kirinya di kuburan. Jadi salah mengambil tindakan sehingga mengakibatkan korban meninggal, bisa masuk penjara, sebaliknya, kalau telat bertindak, atau salah mengambil keputusan, polisinya bisa masuk kuburan karena dibunuh pelaku,” katanya.

Sementara itu, kata Kapolri sekolah alih golongan ini bisa diikuti oleh Sunaryanto selama satu bulan pada September hingga Oktober 2017.

“Jadi dengan sekolah ini, yang bersangkutan bisa menjadi perwira. Semoga ini bisa meningkatkan motivasi bapak dan bisa memberikan contoh anak buahnya setelah lulus dan jadi perwira nanti. Oktober nanti pangkatnya akan naik jadi perwira,” kata Tito. (arh)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com