Warna-Warni Indonesia
Presiden Joko Widodo Meluncurkan KPE di Solo. Foto: istimewa

Presiden Luncurkan Tiga Pilar Kebijakan Pemerataan Ekonomi

Atasai Ketimpangan Antardaerah

SOLO (!) – Presiden Joko Widodo secara resmi meluncur Kebijakan Pemerataan Ekonomi (KPE)  untuk memberikan keadlian sosial dan ekonomi  serta mengatasi ketimpangan yang terjadi antardaerah di Indonesia.

KPE memiliki 3 (tiga) pilar utama, meliputi Lahan, Kesempatan, dan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM).  Dari ketiga pilar utama tersebut, terdapat 10 bidang yang dinilai menjadi sumber ketimpangan di masyarakat.

“Hari ini saya umumkan Kebijakan Pemerataan Ekonomi (KPE) yang bertumpu pada 3 pilar yaitu lahan, kesempatan dan SDM,” kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meluncurkan Kebijakan Pemerataan Ekonomi (KPE) dan Reforma Agraria di Alun-alun Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah, Jumat (21/4).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menyebutkan, pemerintah akan memfokuskan pada 4 (empat) program Quick Wins dalam KPE yang memiliki dampak paling besar untuk mengurangi ketimpangan di masyakarat.

“Kebijakan ini menitikberatkan pada Reforma Agraria termasuk legalisasi lahan transmigrasi; pendidikan dan pelatihan vokasi; perumahan untuk masyarakat miskin perkotaan; serta ritel modern dan pasar tradisional,” ujarnya..

“Saya optimistik pertumbuhan ekonomi nasional akan terus meningkat. Untuk itu kita perlu merancang kebijakan pemerataan ekonomi agar terwujud transformasi ekonomi-sosial yang berkualitas,” kata Darmin seperti tertulis dalam rilis Kemenko Perekonomian. (arh)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com