Warna-Warni Indonesia
Pendidikan Nasional Segera Direformasi. Ilustrasi: Machfoed Gembong/tandaseru.id

Pendidikan Nasional akan Direformasi, Karakter Jadi Prioritas

JAKARTA (!) – Pendidikan nasional segera direformasi, baik pada tataran konseptual maupun manajerial, dengan memprioritaskan pendidikan karakter.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan pendidikan karakter akan menjadi pondasi dan membekali peserta didik dengan kompetisi tinggi yang dibutuhkan sudah sangat diperlukan.

“Kami bersiap melakukan reformasi pendidikan nasional, baik pada tataran konseptual maupun manajerial. Dalam tataran konseptual, sekarang sedang diupayakan agar karakter kembali menjadi fondasi dan ruh pendidikan nasional,” ujar Muhadjir dalam peringatan Hari Pendidikan dan Nasional (Hardiknas) di Jakarta, Selasa (2/5).

Dia menjelaskan pembentukan karakter dimulai dan menjadi prioritas pada jenjang pendidikan dasar. Kemudian untuk jenjang pendidikan lebih lanjut, kondusinya harus kondusif bagi peserta didik untuk mengaktualisasikan potensi dirinya semaksimal mungkin.

“Dengan demikian, keberadaan bangsa Indonesia di tengah bangsa lain menjadi lebih bermartabat, berdaulat, dan bermaslahat,” tuturnya.

Untuk itu, dalam reformasi pendidikan nasional ini, katanya kerja keras yang konstruktif, penuh keikhlasan dan pengorbanan, serta pengabdian tulus seluruh insan pendidikan di seluruh Indonesia amat diharapkan.

“Dengan begitu maka seluruh lapisan masyarakat akan dapat menjangkau layanan pendidikan yang berkualitas. Dengan pendidikan berkualitas yang merata, dalam makna dapat dikenyam oleh seluruh warga bangsa, maka ikhtiar kita mencerdaskan kehidupan bangsa dapat terwujud,” paparnya.

Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang itu mengatakan melalui karakter yang kuat dan kemampuan berdaya saing tinggi peserta didik masa kini akan sanggup membawa bangsa Indonesia berdiri dengan tegak di antara bangsa-bangsa maju yang lain di masa yang akan datang.(antara/arh)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com