Warna-Warni Indonesia
Mendag Enggartiasto Lukita

Distributor Bahan Pokok Wajib Daftar di Kemendag

Jelang Ramadan dan Lebaran

SEMARANG (!) – Distributor bahan pokok diwajibkan mendaftarkan diri di Kementerian Perdagangan sebagai salah satu upaya mencegah aksi spekulan harga.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan para distributor tersebut juga wajib melaporkan posisi persediaan di gudangnya. Mekanisme tersebut merupakan salah satu upaya untuk mengendalikan aksi spekulan jelang Lebaran.

“Distributor dan subdistributor wajib mendaftarkan diri, bisa secara online atau langsung,” kata Enggartiasto seusai melaksanakan video conference di markas Polda Jawa Tengah di Semarang, Rabu (3/5).

Menurut dia, spekulan biasa menahan pasokan hingga harga naik. Melalui mekanisme ini, penindakan terhadap distributor akan lebih mudah.”Dengan adanya daftar ini maka akan lebih mudah mengetahui siapa yang bermain,” katanya.

Sementara itu, Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono mengatakan telah disiapkan satuan tugas pangan yang dibentuk hingga tingkat polres.Satgas ini akan melakukan evaluasi kenaikan harga setiap dua pekan.

Masalah penindakan para spekulan ini, Kementerian Perdagangan bekerja sama dengan kepolisian.”Kapolri sudah memerintahkan, kalau ada permainan akan ditindak keras,” kata Enggar. (antara/arh)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com