Warna-Warni Indonesia

Rusia Tawarkan Kerjasama Nuklir dan Antariksa

JAKARTA (!) – Rusia tawarkan kerjasama pengembangan teknologi energi nuklir dan wahana antariksa. Tawaran itu disampaikan langsung oleh Duta Besar Rusia untuk Indonesia Mikhail Galazudin.

Dia mengatakan banyak bidang yang bisa dijadikan potensi kerja sama antara Indonesia dan Rusia. Misalnya, kerja sama di bidang energi, beragam potensi ekonomi, pertahanan, hingga antariksa ada di negeri yang dipimpin Presiden Vladimir Putin itu.

“Saya ingin sampaikan bahwa Rusia punya potensi besar untuk mengembangkan, menyerahkan, mengalihkan, teknologi nuklir di negara ini. Di dunia modern sangat susah untuk mencapai supply energi ke masyarakat tanpa pengembangan energi nuklir,” kata Mikhail saat berbincang dengan Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang (OSO) di gedung parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (3/5).

Galazudin melihat Indonesia sangat berkembang pesat dan ada minat tinggi Indonesia untuk mengembangkan informasi teknologi supaya ada interkoneksi semua daerah di Indonesia.

Dia menegaskan Rusia adalah salah satu negara yang paling maju di dunia, bukan saja soal nuklir tapi juga antariksa. “Kita bisa mengembangkan kerja sama dengan Indonesia dengan pemanfaatan wahana antariksa,” kata Galazudin.

OSO mengatakan, Indonesia akan lebih proaktif untuk menindaklanjuti kerjasama itu. “Dengan penjelasan yang mulia, saya yakin Indonesia akan lebih lebih proaktif,” ujarnya.

Dia menjelaskan, siklus ekonomi dunia sekarang memang membutuhkan suatu kesadaran antarnegara untuk pembangunan kebangkitan ekonomi.

Menurut OSO, ekonomi saat ini memang mengalami kesulitan dan gangguan. Dia juga mencontohkan, perdagangan antara Rusia dan Indonesia sempat mengalami penurunan. “Perdagangan timbal-balik (antara Rusia dan Indonesia) sejak 2014 menurun,” kata Oso.

Ketua Umum Hanura ini juga menekankan, masalah ini bukanlah keinginan dari kedua negara. Karenanya, Oso menawarkan agar keunggulan teknologi, uang , material dari Rusia dan tenaga kerja dari Indonesia bisa membangun sistem kerja sama dan ekonomi ke depan menjadi jauh lebih baik. (bmo)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com