Warna-Warni Indonesia
Menlu Ri dan Wapres AS. foto: ist

Indonesia-Amerika Kerjasama Tanggulangi Terorisme

WASHINGTON (!) – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengemukakan upaya kerjasama strategis Indonesia-Amerika Serikat untuk menanggulangi terorisme dan radikalisme melalui pendekatan soft power.

Menlu RI menyampaikan nilai-nilai pluralisme dan toleransi merupakan soft power dan modal utama dalam membendung idiologi radikal dan terorisme.

Bagi Indonesia, upaya soft power mendorong nilai toleransi dan harmoni serta melawan ideologi radikal terorisme yg bertentangan dengan nilai kebhinekaan, kemajemukan dan jati diri Indonesia adalah bagian dari kepentingan nasional.

“Nilai-nilai pluralisme dan toleransi merupakan asset bangsa Indonesia yang sangat dikagumi oleh bangsa lain, termasuk oleh AS. Kita harus bangga dan terus menjaga nilai luhur bangsa yang menjunjung tinggi toleransi dan pluralisme,” tandas Menlu RI.

Indonesia kata menlu memiliki kredensial besar dalam memimpin upaya global dalam melawan ideologi radikal. Dengan jumlah penduduk lebih dari 223 juta muslim yang moderat, toleran dan demokratis (87,18% dari seluruh total penduduk Indonesia), terbesar di dunia,

Persepsi global yang mengkaitkan tindakan terorisme dengan ajaran dan agama tententu harus diluruskan karena tidak akan menyelesaikan masalah bahkan berpotensi menimbulkan masalah yang lebih luas.

“Indonesia adalah contoh nyata bahwa tindakan terorisme tidak terkait dengan agama tertentu. Islam di Indonesia memberikan pesan perdamaian dan toleransi dan mencerminkan Islam sebagai rahmat bagi semua umat ” tutur Menlu Retno.

Pembahasan terkait hal ini, menyusul pernyataan Wakil Presiden Mike Pence dalam kesempatan kunjungannya ke Indonesia April lalu, yang menyampaikan kekagumannya atas budaya toleransi dan wajah Islam moderat di Indonesia.(arh)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com