Warna-Warni Indonesia
Diskusi Polemik Hak Angket. Foto: Ahda/tandaseru.id

Hak Angket Upaya Intervensi E-KTP dengan Premanisme

Hak Angket dan E-KTP

JAKARTA (!) – Menurut peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW), Donal Fariz, hak angket merupakan upaya intervensi kasus e-KTP. Intervensi ini berupa model premanisme.

“Kami melihat ada dua model premanisme yang terjadi di KPK. Premanisme fisik yaitu penyerangan terhadap Novel Baswedan, dan premanisme politis,” ujar Donal di Menteng, Sabtu, (6/5).

Premanisme politis menurut Donal merupakan upaya sistematis untuk melemahkan KPK dalam mengungkap kasus e-KTP. Donal menyebutkan beberapa hal yang telah dilakukan merupakan bentuk intervensi terhadap KPK.

“Intimidasi terhadap Miryam oleh orang-orang dan pengacara, Novel juga menyebut ada yang menekan Miryam, dan langkah premanisme paripurna melalui hak angket,” ujar Donal.

Donal melihat hak angket ini tidak sah. Saat Fahri Hamzah mengetuk palu, menurut Donal, Fahri sudah mengabaikan undang-undang karena pengambilan keputusan secara sepihak.

Menurut Pasal 199, harus ada minimal 25 orang mengusulkan hak angket. Sedangkan menurut Donal hanya 16 orang mengajukan hak angket dan satu orang bahkan tidak mentandatangani. Sementara itu, saat pengambilan keputusan hak angket tidak dihadiri dan disetujui oleh setengah anggota DPR plus satu.

Donal juga berpendapat upaya hak angket ini memaksakan fungsi dari DPR itu sendiri.

“Tidak justifikasi juga anggota DPR memasuki ranah hukum. Sama saja mereka menggeser proses di persidangan ke ranah politik,” tuturnya.

Permintaan DPR untuk membuka rekaman penyelidikan Miryam dianggap tidak sesuai hukum. ICW sendiri tidak masalah dengan dibukanya rekaman tersebut.

“Tetapi harus dibuka di wilayah panggung penegakan hukum. Angket adalah panggung politik yang tidak legitimate, bertentangan hukum,” tutup Donal.(ahda)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com