Warna-Warni Indonesia
Politisi PDIP Masinton Pasaribu (tengah) (foto: tandaseru.id/ahda)

Masinton: Hak Angket untuk Mengawasi Kinerja KPK

Diskusi Hak Angket KPK

JAKARTA (!) – Anggota Komisi III dan Politisi PDIP Masinton Pasaribu menganggap hak angket diperlukan untuk mengawasi kinerja KPK. Usulan hak angket itu muncul dipicu oleh persidangan kasus e-KTP.

Menurut Masinton, KPK telah melanggar SOP (standard operating procedure) saat melakukan penyelidikan dugaan kasus korupsi e-KTP.

Dia mengatakan KPK selalu dianggap sebagai institusi yang sempurna, nyatanya banyak laporan-laporan yang masuk ke Komisi III yang menyatakan kerja tidak sesuai SOP.

“Masalah mengolah anggaran, dokumentasi yang harusnya tidak bocor ke publik, bocor, berkaitan masalah konflik internal KPK. Selama ini bayangan kita apa yang disampaikan KPK berkala atau rapat-rapat seperti sempurna semua,” ujar Masinton di Jakarta, Sabtu (6/5).

Maka dari itu perlu adanya hak angket untuk mengawasi dan mengkontrol KPK. Menurutnya kalau terus dibiarkan akan membahayakan.”Saya merasa model penegakan hukum seperti ini semena-mena, ini bahaya,” ujar Masinton.

Masinton menambahkan dalam hak angket ini tidak akan melakukan intervensi apapun terhadap penyelidikan yang sedang dilakukan KPK. Hak angket semata-mata hanya untuk mengawasi kerja KPK apakah sudah sesuai atau belum.

“Tugas DPR adalah menyelidiki cara kerja KPK, tidak memasuki ranah-ranah yudisial,” ujar Masinton. (ahda)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com