Warna-Warni Indonesia
Presiden Joko Widodo. foto: ist

Medannya Sangat Sulit, Presiden Jajal Jalan Trans Papua

PAPUA (!) – Presiden Joko Widodo mengatakan tingkat kesulitan pembangunan jalan Trans Papua cukup tinggi, sehingga pengerjaannya harus dilakukan Kementerian PUPR dengan TNI.

Jalan Trans Papua sepanjang 3.800 km dari rencana 4.300 km. Jalan ini sepanjang 38 km diantaranya sudah teraspal dan bisa dilewati kendaraan roda 4 dengan lancar.

“Ini adalah adalah satu ruas dari 4.300 km Trans Papua yang dalam proses dibangun sudah selesai 3.800 yang sudah dibuka, dan kita harapkan total nantinya tahun 2019 sudah terbuka semuanya. Artinya sudah bisa dilewati tapi mungkin belum aspal,” kata Presiden kepada wartawan saat bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo meninjau jalan Trans Papua, di Distrik Habema, Kabupaten Jayawijaya, Rabu (10/5) siang.

Jalan tersebut menghubungkan Kabupaten Jayawijaya dengan Kabupaten Nduga dan Kabupaten Asmat sejauh 284 km, dan yang sudah diaspal 38 km. Perjalanan dari Wamena menuju tempat acara yang berjarak 42 km, dilalui Presiden dengan menggunakan kendaraan roda 4 sepanjang 36 km. Sisanya Presiden Jokowi mengendarai sendiri motor trail menyusuri jalan Trans Papua sepanjang kurang lebih 6 km yang belum diaspal.

Presiden menjelaskan, dirinya berjalan di ruas Wamena menuju Agas sepanjang 287 km. Diakuinya memang yang teraspal baru 38 km, tapi ini akan terus dikerjakan. Karena itu, bersama Panglima TNI, Presiden mengaku melihat kesulitannya seperti apa, kemudian setelah terbuka baru masuk untuk aspal, mengikuti apa yang telah dikerjakan oleh TNI.

“Saya kira kalau duet seperti ini (Kementerian PUPR dan TNI) ini terus dilakukan akan mempercepat, karena kalau kita lihat medan seperti ini di ketinggian 3.200-an di atas permukaan laut sangat tinggi sekali,” ujar presiden.

Karena itu katanya duet Kementerian PUR dan TNI sangat dipelrukan. “Medannya sangat sulit sekali, sehingga yang bisa masuk awal awal hanya TNI kemudian Kemen PUPR menyusul,” jelas Presiden seraya menambahkan, semua nanti akan dikerjakan seperti itu sehingga ada percepatan pembangunan Trans di Papua ini. (arh)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com