Warna-Warni Indonesia
foto ilistrasi: ist

Aksi Damai WNI di Luar Negeri Diminta Patuhi Aturan

JAKARTA (!) – Kementerian Luar Negeri RI mengimbau agar  aksi-aksi solidaritas oleh para WNI di luar negeri berlangsung secara damai, dan tidak mengganggu ketertiban umum.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Arrmanatha Nasir mengatakan warga negara Indonesia di luar negeri tertib dan mematuhi peraturan ketika melakukan aksi dukungan kepada Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang divonis dalam perkara penistaan agama.

“Di manapun WNI berada, dalam melakukan aktivitas apapun, perlu kami imbau adalah tetap mematuhi peraturan yang berlaku di negara tempat mereka berada,” kata Arrmanatha Nasir di Jakarta, Jumat (12/5)

Aksi solidaritas komunitas WNI di luar negeri itu akan berlangsung, antara lain di Gronigen, Amsterdam, Den Haag, Utrecht Belanda, Sydney, Canberra dan Perth Australia; Washington DC, New York, dan San Fransisco Amerika Serikat, Vancouver dan Toronto Kanada.

“Kami terus mengimbau para WNI untuk tidak melanggar peraturan di negara tempat mereka masing-masing berada,” ujar Arrmanatha.

Menanggapi putusan pengadilan itu, Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam berharap pemerintah Indonesia, lembaga, dan warganya mempertahankan tradisi toleransi dan pluralisme.

Dewan HAM PBB untuk Kawasan Asia berkicau di Twitter dengan menyatakan prihatin atas hukuman penjara terhadap Ahok atas dugaan penistaan agama Islam. Dewan HAM tersebut juga menyerukan kepada Indonesia untuk mengkaji ulang pasal penistaan agama yang ada dalam Undang-Undang Hukum Pidana.

Secara terpisah Amnesti Internasional juga menyatakan bahwa putusan itu bisa merusak reputasi Indonesia yang selama ini dikenal sebagai negara bertoleransi(antara/arh)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com