Warna-Warni Indonesia
Wapres Jusuf Kalla

Wapres: Masjid Harus Menjadi Sentral Kegiatan Umat

BANDA ACEH (!) – Wakil Presiden Jusuf Kalla mengharapkan Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh berfungsi serbaguna dan menjadi sentral kegiatan umat.

Masjid, menurut Wapres juga dapat menjadi tempat membina kesehatan masyarakat dan semua aspek kemasyarakatan lainnya. Masjid selain sebagai tempat ibadah, pendidikan, berdiskusi tentang agama juga membahas tentang ekonomi dan kemajuan masyarakat.

“Fungsi masjid harus serbaguna dan menjadi sentral kegiatan masyarakat,” kata Wapres saat meresmikan landscape Masjid Raya Baiturrahman di Banda Aceh, Sabtu (13/5).

Wapres yang juga Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) mengingatkan masjid yang indah dan dilengkapi sarana-sarana pendukung bukan hanya bangunannya yang serbaguna tapi juga fungsinya.

“Tentu sejarah masjid di zaman Rasulullah menjadi tempat mengatur strategi, tempat pertemuan, dan sejarah masjid ini begitu juga. Saya ingat saat tsunami masyarakat berlindung di masjid,” ujar Wapres.

Wapres meresmikan wajah baru Masjid Raya Baiturrahman yang telah dilengkapi dengan 12 payung elektrik seperti Masjid Nabawi, Arab Saudi. Masjid diperindah dengan lantai marmer yang diimpor langsung dari Italia serta sekeliling halaman masjid akan ditanam 35 pohon kurma.

Masjid yang menjadi ikon Provinsi Aceh tersebut dulu hanya mampu menampung 9.000 orang di dalam masjid, kini mampu menampung 24.000 orang baik di dalam maupun luar masjid.

Selain itu, saat ini tempat wudhu atau pengambilan air sembahyang Masjid Raya berjumlah 288 titik. Tempat berwudhu tersebut berada di basement masjid.

Area parkir Masjid Raya juga terletak di basement. Area parkir mampu menampung 300 mobil dan 347 sepeda motor. Sebelumnya, parkir jamaah masjid berada di badan jalan yang kerap menimbulkan kemacetan, terutama saat padat lalu lintas.(antara/arh)

6 Komen
  1. ufabtb

    … [Trackback]

    […] Read More to that Topic: tandaseru.id/2017/05/13/wapres-harus-menjadi-sentral-kegiatan-umat/ […]

  2. Keesha berkata

    window sash repairs [Keesha]

  3. Eunice berkata

    cheap windows harrow (Eunice)

  4. Benny berkata

    repairing double glazed windows (Benny)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com