Warna-Warni Indonesia
Foto ilustrasi. Didi/tandaseru.id

Bea Cukai Gagalkan Jutaan Rokok Ilegal, Negara Rugi Rp10 Miliar

SURABAYA(!) – Direktorat Jenderal Bea dan Cukai wilayah Jawa Timur 1, menggagalkan peredaran jutaan rokok ilegal tanpa kertas pita cukai asli, beserta ribuan kertas pita cukai palsu yang aka diedarkan di seluruh wilayah Indonesia sehingga negara dirugikan Rp10 miliar.

Menurut Kepala Kantor Bea dan Cukai wilayah Jawa Timur 1 Decy Arifinsyah hasil penindakan paling banyak temuan rokok ilegal berada di wilayah Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur, karena wilayah Sidoarjo paling dekat dengan akses bandara, terminal dan pelabuhan.

Kabupaten Sidoarjo katanya dijadikan sebagai tempat untuk memproduksi rokok-rokok ilegal tersebut. “Temuan di lapangan yang dilakukan petugas, di Kabupaten Sidoarjo paling banyak ditemukan home industry rokok ilegal,” ujar Decy, Senin(15/5)

Masalahnya, kawasan Sidoarjo tempatnya paling strategis untuk melakukan pengiriman rokok-rokok ilegal tersebut ke sejumlah daerah yang ada di Indonesia. Sedangkan, di wilayah Kabupaten Malang, Pasuruan dan Mojokerto juga ada home industry rokok ilegal namun tak sebanyak yang ada di wilayah Sidoarjo.

“Jadi sasaran penjualan para produsen rokok ilegal ini ke luar pulau, karena di luar pulau harga rokok legal kan mahal, akhirnya sasaran para produsen rokok ilegal ini ke Kalimantan, Sulawesi, Sumatera dan beberapa pulau lainya,” Tambah Decy.

Petugas juga mengamankan 4 orang yang di duga pemilik beberapa home industry rokok ilegal yang ada di wilayah Sidoarjo. Pihak Kantor Bea dan Cukai Jawa Timur enggan untuk menyebutkan nama-nama ke 4 tersangka.(did)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com