Warna-Warni Indonesia
Bareskrim Polri

Terbukti Menimbun, Kemendag Akan Cabut Izin Impor PT LBU

JAKARTA (!) – Kementerian Perdagangan akan mencabut izin impor PT LBU penimbun 182 ton bawang putih sedangkan rekomendasi untuk impor juga akan dicabut dari kementerian pertanian.

Rencana pencabutan izin impor tersebut masih menunggu surat keputusan dari Menteri Perdagangan Engartiasto Lukita.

Ketua Satgas Pengendalian Harga Bahan Pokok dan Makanan Bareskrim Polri Brigjen Pol Agung Setya menjelaskan temuan penimbunan 182 ton bawang putih berawal dari info Kementerian Pertanian dua hari lalu.

Satgas yang berada di tingkat Polres, Polda dan Mabes serta sinergi dari sejumlah lembaga dan kementerian, seperti KPPU dan Bulog ini kemudian segera menindak tegas PT LBU yang mengimpor bawang putih kemudian didistribusikan melalui Surabaya dan Medan.

“PT LBU tidak hanya memasok dari Surabaya saja, tetapi juga dari Medan. Kita tahu di situlah kita dapatkan gudang menimbun termasuk ada truk yang baru masuk dari Medan,” kata dia.

PT LBU akan dicabut perizinan impornya dari Kemendag dan tidak lagi mendapatkan rekomendasi impor dari Kementerian Pertanian.

Sebelumnya, Bareskrim Polri menangkap tiga tersangka pelaku penyelundupan dan penimbunan bawang putih asal luar negeri. Tiga pelaku yang ditangkap merupakan pemilik gudang, pemilik barang dan supir truk.

Pihaknya menduga pelaku sengaja menimbun bawang putih kemudian akan dijual pada saat harga naik.Penyidik masih mendalami keterangan tersangka dan menganalisa seluruh dokumen yang ada. “Bawang putih tersebut diimpor oleh dua perusahaan yaitu PT NBM dan PT LBU sejak bulan April 2017,” kata Brigjen Agung Setya (antara/arh)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com