Warna-Warni Indonesia
Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian. Foto: Ahda/tandaseru.id

Kapolri: Polda Metro-KPK Berkoordinasi Terperiksa Nico

JAKARTA (!) – Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian menyatakan polisi tengah memfokuskan pada terperiksa Nico terkait kasus penyiraman air keras penyidik KPK Novel Baswedan, yang dicurigai sebagai pelaku penyiraman.

“Jadi kita melihatnya dari sudut pandang penyiraman. Kita melihat ini kelompok yang potensial untuk menyerang, di samping itu tentunya mengklarifikasi keterangan yang bersangkutan di media sosial dan berkordinasi dengan ketua KPK,” ujar Tito di gedung PTIK, Kamis (18/5).

Nico yang dimaksud Tito memiliki hubungan dengan kasus yang pernah ditangani Novel. Nama asli Nico adalah Mico Panji Tirtayasa, merupakan keponakan Muchtar Efendy yang menjadi tersangka dalam kasus suap sengketa pilkada di Mahkamah Konstitusi. Novel Baswedan menangani kasus tersebut sebagai penyidik.

Kapolri menjelaskan Nico atau Mico pernah menyebarkan sebuah video berisi pengakuannya yang dipaksa Novel untuk memberikan pengakuan palsu. Serta, ia mengaku mendapat bayaran dari KPK. Berdasarkan video tersebut, kata Tito, penyidik menduga ada motif balas dendam oleh Nico,sehingga polisi memeriksa Nico sebagai terduga pelaku penyiraman Novel.

“Nah kita lihat kasusnya Niko ini, dia mengatakan merekam video, kemudian memviralkan itu sendiri karena dia ingin menetralisir situasi di keluarganya yang terjadi perpecahan setelah dia memberikan kesaksian, terutama dengan pamannya yang bernama Muchtar Efendy, yang sudah divonis hakim. Saat itu ditangani oleh timnya Novel Baswedan,” ujar Tito.

Tito mengatakan Nico ini sudah diamankan dan diperiksa kepolisian. “Sudah diperiksa, sudah diamankan dan sudah dicek semua apa yang dia (Nico) sebutkan. Itu dicek bukti-buktinya, kalau dia mengatakan ada tekanan atau ada keterangan palsu sudah dicek juga saksi, dokumen, transfer bank juga segala macam,” kata Tito.

Rencananya, besok pihak Polda Metro Jaya akan berkoordinasi dengan KPK perihal hasil pemeriksaan. “Ini juga kita sampaikan dan besok dari Dirkrimum Polda akan menyampaikan paparan kepada ketua KPK, mengenai hasil temuan ini,” kata Tito. (ahda)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com