Warna-Warni Indonesia
Ketua DPR RI Setya Novanto dan Presiden Lithuania Dalia Grybauskatie .foto:ist

DPR: Perlu Kerjasama Bilateral Antarparlemen Indonesia-Lithuania

JAKARTA (!) – Ketua DPR RI Setya Novanto menyatakan perlu penguatan hubungan bilateral antara Indonesia dengan Lithuania melalui kerjasama antarparlemen selain masalah ekonomi dan perdagangan.

“Sudah tentu penting dilakukan untuk mendukung penguatan hubungan bilateral kedua negara. Untuk itu pula, kerja sama antara Parlemen Lithuania dan DPR RI, perlu dikembangkan dan ditingkatkan, “ Setya Novanto.

Kunjungan Presiden Lithuania, Dalia Grybauskatie memiliki arti penting bagi penguatan hubungan bilateral Indonesia-Lithuania. “Kedua negara memiliki komitmen yang kuat dalam memajukan kerjasama bilateral, khususnya di bidang ekonomi dan perdagangan,” kata Setya Novanto, di gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (17/5).

Meski nilai perdagangan kedua negara belum terlalu besar, jelas politisi Partai Golkar ini, namun pada tahun 2016 tercatat sebesar US$38,6 juta. “Kami berharap nilai perdagangan kedua negara pada tahun mendatang dapat ditingkatkan,” ujarnya.

Ia menjelaskan kedua negara, dengan potensi dan kelebihannya masing-masing, harus dapat saling melengkapi untuk memajukan kerjasama bilateral, di antaranya kerjasama di bidang energi terbarukan.

“Untuk itu, kami sangat mengapresiasi keinginan kedua negara untuk meningkatkan kerjasama bilateral sebagaimana yang disepakati dalam pertemuan Presiden Lithuania dengan Presiden Joko Widodo,” tegasnya.

Oleh karena itu, untuk lebih saling mengenal di antara masyarakat kedua negara, program people to people contact juga perlu dikembangkan, terutama melalui kerjasama di bidang pendidikan, kebudayaan, dan pariwisata.(bmo)

 

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com