Warna-Warni Indonesia
Otoritas Jasa Keuangan

OJK Buat Aturan Turunan Pendukung Perppu 1/2017

JAKARTA (!) – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan membuat peraturan turunan untuk membantu penerapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2017 yang baru saja dikeluarkan pemerintah dua hari lalu.

Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D HadadMuliaman menuturkan, pihaknya akan mengeluarkan aturan turunan dari Perppu No.1-2017 tersebut baik dalam bentuk Surat Edaran (SE) OJK atau aturan lainnya.

Perppu Nomor 1 Tahun 2017 sendiri mengatur tentang akses informasi keuangan untuk kepentingan perpajakan guna mendukung pelaksanaan pertukaran informasi keuangan secara otomatis (Automatic Exhange of Information/AEOI).

“Intinya OJK akan banyak membantu karena nanti pelaporannya melalui OJK. OJK nanti serahkan ke Ditjen Pajak,” katanya usai peluncuran Strategi Perilndungan Konsumen Keuangan (SPKK) Tahun 2013-2027 di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis.

Menjelang penerapan AEOI sendiri pada tahun depan, ia menilai memang perlu persiapan yang baik terutama sosialisasi terhadap industri perbankan.

“Saya kira mulai jelas sekarang, tadinya banyak yang khawatir dan curiga tapi saya kira dengan komunikasi dan sosialisasi yang baik, mudah-mudahan ini semakin jelas bahwa ini kesepakatan global kita dan juga negara-negara lain. Dan tentu saja ini juga sudah didiskusikan dengan baik dan matang, saya kira nanti tinggal bagaimana mensosialisasikannya saja,”

Melalui Perppu No.1-2017 tersebut, Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan berwenang mendapatkan akses informasi keuangan untuk kepentingan perpajakan.

Akses informasi itu bisa diperoleh dari lembaga jasa keuangan yang melaksanakan kegiatan di sektor perbankan, pasar modal, perasuransian, lembaga jasa keuangan lain dan entitas lain yang dikategorikan sebagai lembaga keuangan sesuai standar pertukaran informasi keuangan berdasarkan perjanjian internasional di bidang perpajakan. (antara/arh)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com