Warna-Warni Indonesia
Direktur Eksekutif Perludem. foto: Ahda/ tandaseru.id

RUU Pemilu Menghasilkan UU Sarat kepentingan

JAKARTA (!) – Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Titi Anggraeni menegaskan perumusan RUU Pemilu hanya akan menghasilkan UU yang sarat kepentingan

“Kalau tidak mau menemui titik temu, tanpa memastikan tujuan pemilu sebagai salah satu ikatan dalam pembahasan maka yang dihasilkan hanya usulan berdasarkan kepentingan,” ujar Titi di Menteng, Sabtu (20/5).

Titi kembali menegaskan sistem pemilu tidak perlu diubah. Tetapi harus ada perbaikan. “Mestinya sistem pemilu tetap terbuka dipertahankan, dengan perbaikan berbagai kententuan terkait penegakan hukum, kaderisasi, termasuk rekrutmen yang demokratis di internal partai,” ujarnya.

Lebih lanjut lagi, Titi mengatakan mengubah batas jumlah partai tidak akan berdampak bagus. Malah yang akan terjadi dapat mengurangi suara pemilih.

Parliamentery treshold dinaikan tidak ada jaminan tercipta keefektifan sistem partai. Konsenkusensi langsungnya adalah mengurangi sistem partai, tetapi tidak otomatis menyederhanakan jumlah partai di parlemen. Justru konsekuensinya malah ada kemungkinan suara pemilih sah yang terbuang,” kata Titi.

Menurut Titi, tidak masalah jika presidential threshold pada angka nol. Karena malah ini akan menciptakan iklim koalisi yang baik. “Saya tidak meyakini jika treshold dinolkan maka semua partai akan mengusung presidennya,” ungkapnya.

“Partai betul-betul akan menghitung sejak awal manfaat jika dia punya presiden sendiri dengan kalau dia bergabung dengan partai yang punya calon dengan elektabilitas lebih tinggi. Justru koalisi alamiah ini yang akan lebih baik dibanding koalisi yang dipaksa treshold,” imbuhnya.

Kalau presidential threshold dinaikan, menurut Titi selain akan mengurangi kemungkinan calon-calon baru, juga akan makin perparah politik transaksional. “Ketiadaan treshold akan meningkatkan jual beli dukungan,” pungkasnya.(ahda)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com