Skema Lelang Wilayah Karya Blok Baru Tidak Diubah

0

JAKARTA (!) – Kementerian  Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tidak akan mengubah skema lelang wilayah karya untuk blok baru dan tetap menggunakan gross split.

“Untuk blok baru kita tetap pakai gross split yang ditawarkan. Kalau ditanyakan banyak yang mau atau tidak itu adalah investment strategic dari investor. Apakah blok yang ditawarkan menarik atau tidak? menariknya itu dari segi datanya,” kata Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar Arcandra di Jakarta, Jumat.

Menurut Arcandra gross split merupakan skema bagi hasil yang biaya operasionalnya diserahkan kepada kontraktor kerja sama, tanpa menggunakan APBN layaknya cost recovery  yang skema sebelumnya.

Terkait dengan lesunya tanggapan dari investor Arcandra menanggapi jangan lihat dari satu sisi, iklim investasi juga dinilai memang sedang menurun semua di minyak dan gas bumi (migas).

“Kalau sekarang kan lebih terbuka dari hal-hal yang dulu pernah dibuat. Kami buka sekarang, apa saja yang dibutuhkan. Jadi bukan iklim investasinya, ada kombinasi antara investor strategi kedepan akan seperti apa,” katanya.

Mantan menteri ESDM tersebut mengatakan masih melihat dulu perkembangan investasi kedepan, tidak ingin berkomentar terkait optimistis atau tidaknya.

Arcandra menyebutkan jika karakteristik wilayah Indonesia memiliki potensi yang berbeda-beda, sehingga jika dalam skema bagi hasil (gross split) akan mendapat perhitungan split yang berbeda pula.

“Kami sangat memahami karakteristik wilayah, sehingga ada split alternatif untuk perairan dalam dan ada kalkulasinya,” katanya.

Sementara itu, Ketua Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Amien Sunaryadi menjelaskan aturan gross split memang untuk efisiensi investasi.

“Dijalankan dulu gross split, nanti dilihat dua tiga tahun ke depan, kalau memang banyak yang tidak diuntungkan, ya bisa diamandemen lah,” kata Amien

Sebelumnya, Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) IGN Wiratmaja Puja mengatakan untuk menarik banyak investor, pemerintah mengakui belum memiliki infrastruktur yang cukup baik guna mendatangkan investasi migas sebanyak-banyaknya. (antara/arh)

5 Comments
  1. … [Trackback]

    […] Read More here on that Topic: tandaseru.id/2017/05/20/skema-lelang-wilayah-karya-blok-baru-tidak-diubah/ […]

  2. warzone hacks

    … [Trackback]

    […] Find More Information here to that Topic: tandaseru.id/2017/05/20/skema-lelang-wilayah-karya-blok-baru-tidak-diubah/ […]

  3. daftar togel resmi

    … [Trackback]

    […] Info to that Topic: tandaseru.id/2017/05/20/skema-lelang-wilayah-karya-blok-baru-tidak-diubah/ […]

  4. sklep internetowy says

    Wow, wonderful weblog structure! How long
    have you been blogging for? you made running a blog glance easy.
    The overall glance of your web site is great, as
    smartly as the content! You can see similar here sklep internetowy

  5. … [Trackback]

    […] Read More on on that Topic: tandaseru.id/2017/05/20/skema-lelang-wilayah-karya-blok-baru-tidak-diubah/ […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.