Warna-Warni Indonesia
‘Java, Amada Y Odiada’

‘Java, Amada Y Odiada’ Buku Sejarah Karya Penulis Spanyol

LONDON (!)  –  Sebuah buku berjudul  ‘Java, Amada Y Odiada’, menceritakan kehidupan seorang warga negara Belanda yang ditugaskan di zaman Hindia Belanda sebagai guru sekolah.

Tempat tugas guru dari Belanda itu di berbagai kota seperti Blitar, Madiun, Rembang, Semarang, Samarinda dan Batavia tahun 1915 itu dengan segala problematikanya.

Pada saat bersama dimulainya gerakan kemerdekaan Indonesia dengan pemimpin Sukarno, Hatta, Sjahrir dan Tan Malaka, Muso, dan terjadinya perang kemerdekaan Indonesia, hingga keluarga tersebut harus dievakuasi ke Belanda  tahun 1946.

‘Java, Amada Y Odiada’ merupakan hasil karya seorang penulis senior Spanyol Alicia García Olbes. Dubes Yuli Mumpuni Widarso, memberikan kata pengantar dalam buku tersebut. Dalam peluncuran buku tersebut  hadir bersama  Dubes Belanda Matthijs van Bonzel,  menyampaikan pujian dengan terbitnya buku memberikan ingatan tentang bagaimana Belanda yang dulunya dikenal VOC tiba di kepulauan Indonesia.

Peluncuran buku diadakan Subdirector General de los Archivos Estatales Kementerian Pendidikan, Budaya dan Olahraga Spanyol bekerja sama dengan el Grupo Editorial Sial Pigmalión dihadiri kalangan penulis, publisistik, sejarah, diplomatik dan media massa setempat, kata Pensosbud KBRI Madrid dalam keterangan, Minggu.

Dubes menyampaikan penghargaannya pada karya penulis yang mengisahkan kehidupan manusia pada zaman perjuangan masa lalu, yang  dapat dirasakan tetap hidup di masyarakat.

Dikatakan, hal itu merupakan suatu sumbangan bermakna bagi seluruh kalangan untuk dapat mengetahui keadaan dan cerita pelaku langsung saat bangsa Belanda berada di Indonesia.

Alicia García Olbes  penulis senior yang lahir di Spanyol tahun 1943 dengan gelar Doktor di bidang kedokteran tahun 1996. Alicia juga belajar Cinematografia dan terlibat dalam beberapa produksi film dan pementasan teater.

Pada tahun 1965 dia memperoleh penghargaan el Premio Mudial de Teatro Universitario di Nancy, Perancis. Penulis Alicia juga mempublikasikan beberapa tulisan bidang kesehatan pada jurnal atau majalah.

Sejak tahun 2002 mendedikasikan dirinya sebagai penulis. Karya-karyanya adalah El rompecabezas inconmensurable tahun 2013, Los aloes del bosquecillo dan Alicia y sus cuentos tahun 2014, dan kumpulan puisinya Aire, agua, tierra y fuego tahun 2015. (antara/arh)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com