Menteri Desa PDTT: Dana Desa Diprioritaskan pada Produk Unggulan

0

DENPASAR (!)  – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Eko Putro Sandjojo mengingatkan dana yang digelontorkan fokus pada empat program prioritas yang telah ditetapkan untuk percepatan pembangunan.

Empat program prioritas tersebut, yakni masing-masing memiliki produk unggulan desa, embung, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan sarana olahraga. Salah satu program prioritas yaitu produk unggulan desa

“Saya selalu mengingatkan agar dana desa yang telah digelontorkan diharapkan bisa difokuskan kepada empat program prioritas yang kita berikan,” kata Eko di sela menghadiri “The 4th Ubud Royal Weekend” di Museum Puri Lukisan, Ubud, Bali. Sabtu.

“Saya meminta agar segera dibuatkan cluster di desa baik sektor pertanian, perikanan maupun pariwisata. Konsentrasi fokus produk unggulannya, Nanti kita akan kumpulkan kementerian terkait, dunia usaha plus perbankan untuk membantu mengembangkan produk unggulan desa tersebut,” ucapnya.

Eko mengatakan Ubud telah menjadi salah satu contoh program pengembangan desa wisata di Indonesia. Sehingga, dalam salah satu program prioritas yakni pembangunan embung nantinya bisa dijadikan untuk pariwisata atau pun perikanan.

“Untuk Ubud, karena pertanian masih sedikit, mungkin embung bisa untuk pariwisata atau perikanan yang dapat meningkatkan gizi masyarakat,” ujarnya.

Terkait program BUMDes, Eko mengharapkan adanya PT Mitra BUMDEs di kabupaten yang turut juga membentuk mitra BUMDes di desa-desa, sehingga ada pendampingan di tiap BUMDes desa itu.

“Dengan begitu, bisa terjadi link and match antara perusahaan besar, UKM dengan pengusaha kecil di desa-desa. Karena yang selama ini menjadi problem UKM dan pengusaha kecil ini adalah mereka tak memiliki resources management, distribusi dan marketing,” katanya.

Melalui “link and match” antara perusahaan besar dan UKM atau pengusaha kecil, nantinya UKM atau pengusaha kecil akan menjadi suplier perusahaan-perusahaan besar.(antara/arh)

 

3 Comments
  1. Fryd vape

    … [Trackback]

    […] Find More Info here to that Topic: tandaseru.id/2017/05/21/menteri-desa-pdtt-dana-desa-diprioritaskan-pada-produk-unggulan/ […]

  2. najlepszy sklep says

    Wow, superb weblog layout! How long have you been blogging for?
    you make blogging look easy. The entire glance of your website is magnificent, as well as the content material!
    You can see similar here najlepszy sklep

  3. Scrapebox AA List says

    Hey! Do you know if they make any plugins to assist with SEO?
    I’m trying to get my site to rank for some targeted keywords but I’m not seeing very good success.
    If you know of any please share. Thanks! I saw similar article here: Backlink Portfolio

Leave A Reply

Your email address will not be published.