Perlu Kemitraan Dunia Islam dan Menghilangkan Persepsi sebagai Musuh AS

0

RIYADH (!) –  Presiden Joko Widido menyebutkan perlu menghilangkan persepsi Amerika Serikat (AS) melihat Islam sebagai musuh dan makna yang terpenting adalah mengirimkan pesan kemitraan dunia Islam ke AS dan dunia.

Hal ini diungkapkan Presiden saat berbicara dalam konferensi yang mempertemukan para pimpinan negara-negara Arab dan Islam dengan Presiden AS Donald Trump di King Abdul Aziz International Convention Center Riyadh, Arab Saudi, Minggu (21/5).

“Yang lebih penting lagi pertemuan ini harus mampu meningkatkan kerja sama pemberantasan terorisme dan sekaligus mengirimkan pesan perdamaian kepada dunia,” kata Presiden.

Jokowi mengungkapkan  ancaman radikalisme dan terorisme terjadi di mana-mana.”Indonesia adalah salah satu korban aksi terorisme, serangan di Bali terjadi tahun 2002 dan 2005 dan serangan di Jakarta terjadi Januari 2016,” ungkap Presiden.

Jokowi mengungkapkan dunia marah dan berduka melihat jatuhnya korban serangan terorisme di berbagai belahan dunia di Prancis, Belgia, Inggris, Australia dan lain-lain.”Dunia seharusnya juga sangat prihatin terhadap jatuhnya lebih banyak korban jiwa akibat konflik dan aksi terorisme di beberapa negara seperti Irak, Yaman, Suriah, Libya,” tambahnya.

Indonesia meyakini pentingnya menyeimbangkan pendekatan hard-power dengan pendekatan soft-power. “Selain pendekatan hard-power, Indonesia juga mengutamakan pendekatan soft-power melalui pendekatan agama dan budaya,” jelasnya.

Presiden mengungkapkan untuk program deradikalisasi, misalnya, otoritas Indonesia melibatkan masyarakat, keluarga, termasuk keluarga mantan nara pidana terorisme yang sudah sadar; dan organisasi masyarakat

Untuk kontra radikalisasi, lanjut Jokowi, pihaknya merekrut para netizen muda dengan follower yang banyak untuk menyebarkan pesan-pesan damai.

“Kita juga melibatkan dua organisasi Islam terbesar di Indonesia, yaitu Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama untuk terus mensyiarkan Islam yang damai dan toleran,” katanya. (antara/arh)

 

3 Comments
  1. stapelstein

    … [Trackback]

    […] There you can find 1578 additional Info to that Topic: tandaseru.id/2017/05/22/perlu-kemitraan-dunia-islam-dan-menghilangkan-persepsi-sebagai-musuh/ […]

  2. … [Trackback]

    […] Info on that Topic: tandaseru.id/2017/05/22/perlu-kemitraan-dunia-islam-dan-menghilangkan-persepsi-sebagai-musuh/ […]

  3. visit here

    … [Trackback]

    […] Find More on on that Topic: tandaseru.id/2017/05/22/perlu-kemitraan-dunia-islam-dan-menghilangkan-persepsi-sebagai-musuh/ […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.