Warna-Warni Indonesia
Presiden Joko Widodo dan Pemimpin Arab. foto: Setneg

Presiden: Umat Islam Korban Konflik dan Radikalisme Terorisme

RIYADH (!) – Presiden menegaskan umat Islam korban terbanyak dari konflik dan radikalisme terorisme, karena itu umat Islam se dunia harus bersatu bersatu untuk meningkatkan ukhuwah Islamiyah.

“Persatuan umat Islam merupakan kunci untuk keberhasilan memberantas terorisme; janganlah energi kita habis untuk saling bermusuhan,” kata Jokowi.

Kerja sama pemberantasan radikalisme dan terorisme kata presiden harus ditingkatkan, termasuk pertukaran informasi intelijen, pertukaran penanganan FTF (Foreign Terrorist Fighters), peningkatan kapasitas, semua sumber pendanaan harus dihentikan karena banyaknya dana yang mengalir sampai ke akar rumput di banyak negara dalam rangka penyebaran ideologi ekstrem dan radikal.

“Semua aliran dana harus dihentikan,” tegas Presiden di depan Raja Salman dari Arab Saudi, Presiden AS Donald Trump serta pemimpin negara Arab dan Islam yang hadir.

Selain itu, menurut Joko Widodo upaya menyelesaikan akar masalah harus ditingkatkan, ketimpangan dan ketidakadilan harus diakhiri; pemberdayaan ekonomi yang inklusif harus diperkuat

“Saya berharap setiap dari kita harus berani menjadi part of solution  bukan part of problem dari upaya pemberantasan terorisme. Setiap dari kita harus dapat menjadi bagian upaya penciptaan perdamaian dunia,” kata Presiden.

Jokowi mengatakan jutaan umat muslim harus keluar dari negaranya untuk mencari kehidupan yang lebih baik dan jutaan generasi muda kehilangan harapan masa depannya. Kondisi tersebut justru membuat anak-anak muda frustrasi dan marah.

“Rasa marah dan frustasi ini dapat berakhir dengan muculnya bibit-bibit baru ektremisme dan radikalisme,” jelasnya.

Jokowi mengatakan sejarah mengajarkan bahwa senjata dan kekuatan militer saja tidak akan mampu mengatasi terorisme. “Pemikiran yang keliru hanya dapat diubah dengan cara berpikir yang benar,” katanya.(antara/arh)

 

1 Komen
  1. kojic acid soap

    … [Trackback]

    […] Find More on on that Topic: tandaseru.id/2017/05/22/presiden-umat-islam-korban-konflik-dan-radikalisme-terorisme/ […]

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com