Warna-Warni Indonesia
Bappenas

Proyek Pengembangan Ekonomi Lokal Kurangi Kemiskinan

JAKARTA (!) –  Proyek pengembangan ekonomi lokal senilai Rp178 miliar untuk mengurangi kemiskinan dengan menciptakan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan dan tata kelola inklusif di Gorontalo dan Sulawesi Tenggara diresmikan.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan pengembangan ekonomi daerah sangat penting untuk menjaga momentum pertumbuhan ekonomi nasional yang saat ini telah terjaga dengan baik.

“Oleh sebab itu, kita akan berupaya menggerakkan sektor produktif dengan membangun infrastruktur dan mendorong investasi, terutama di daerah. Disisi lain kita berupaya agar aktivitas ekonomi mampu menciptakan kesempatan kerja, menciptakan nilai tambah dan pendapatan bagi masyarakat miskin,” ujarnya.

Bambang Brodjonegoro bersama Duta Besar Kanada untuk Indonesia Peter MacArthur di Jakarta, Selasa, meresmikan proyek tersebut sebagai Dukungan Nasional untuk Iklim Penanaman Modal Daerah (NSLIC) dan Dukungan Nasional untuk Mendorong Pengembangan Ekonomi Regional dan Lokal (NSELRED) .

Fokus proyek ini diantaranya adalah perluasan kesempatan kerja dan peningkatan masyarakat miskin, baik laki-laki maupun perempuan, melalui pengembangan iklim usaha dan pengembangan KUMKM serta pengembangan pusat pertumbuhan ekonomi di daerah.

“Indonesia berharap proyek kerja sama dan kemitraan ini benar-benar dapat dilaksanakan secara efektif, efisien, transparan dan akuntabel sehingga membawa manfaat yang nyata bagi kesejahteraan masyarakat, kemajuan daerah dan mendukung kemitraan global lebih baik,” kata Bambang.

Sementara itu, Duta Besar Kanada untuk Indonesia Peter MacArthur menambahkan proyek ini bertujuan untuk melaksanakan strategi pengembangan ekonomi lokal dan daerah untuk mengurangi hambatan pengembangan usaha agar tercipta lingkungan usaha bagi penanaman modal.

MacArthur mengatakan proyek kemitraan yang akan dilaksanakan dalam kurun waktu 2016-2020 ini bisa memperkuat lingkungan yang memberdayakan bagi KUMKM serta akan memberikan kontribusi terhadap peningkatan urutan Indonesia dalam index kemudahan berusaha.(antara/arh)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com