Warna-Warni Indonesia
Menhub Budi Karya Sumadi

Menhub: Kesiapan Angkutan Lebaran 2017 Sudah 80 Persen

JAKARTA (!) – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan kesiapan angkutan Lebaran 2017 untuk moda udara, darat dan laut sudah mencapai 80 persen.

Kesiapan tersebut berdasarkan hasil peninjauan dan koordinasi yang dilakukan kementerian perhubungan di seluruh Indonesia. “Mengenai keharusan meningkatkan level keamanan itu kita harus meningkatkan karena itu harus dilakukan. Kira-kira sudah 80 persen siap,” katanya, Jumat (26/5).

Koordinasi tersebut di antaranya melibatkan PT Kereta Api Indonesia, PT Angkasa Pura I dan II, PT Pelindo I, II, III dan IV, Kepala Bandara Unit Pelaksana Teknis, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan dan lainnya.

“Ini jadi suatu keharusan agar kita pastikan pesawat, kapal dan kereta api siap untuk dioperasikan setelah dilakukan ramp check (pemeriksaan kelaikan), maka tugas kita berikutnya adalah memantau kegiatan-kegiatan pada saat akan berangkat,” katanya.

Menhub meminta pemerintah daerah dan Dinas Perhubungan untuk proaktif dalam menyukseskan masa Angkutan Lebaran 2017. Adapun terkait dengan keamanan di obyek vital transportasi, Budi meminta operator berkoordinasi secara aktif dengan TNI dan Polri dalam memperketat keamanan.

“Ada beberapa catatan dari kita semua, pertama keselamatan dan keamanan, saya menugaskan kepada dirjen, untuk meningkatkan keselamatan yang ada, oleh karenanya, dengan adanya kejadian teroris kemarin seperti di Kampung Melayu, saya meminta untuk bekerja sama dengan TNI dan Polri,” katanya.

Budi menegaskan tidak ada toleransi untuk menaikan penumpang lebih dari kapasitasnya. “Ada penumpang yang harus ditoleransi, misalnya ada kapal 100, toleransinya katakanlah 120, itu ditetapkan KSOP, dan tidak ada yang ditolerir, karena kita tidak ingin suatu kecelakaan,” katanya.

Untuk angkutan udara, Budi menekankan tidak ada lagi kejadian-kejadian seperti kasus Lion Air di mana penumpang masuk ke dalam kokpit pesawat.

Kepada pemudik agar tidak menggunakan sepeda motor dalam perjalanan jarak jauh dan memanfaatkan fasilitas mudik gratis yang telah disediakan oleh pemerintah dan perusahaan lainnya baik itu BUMN maupun swasta.(antara/arh)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com