Warna-Warni Indonesia
Penentuan 1 Ramadan

Pemerintah Tetapkan Awal Ramadan Sabtu 27 Mei

JAKARTA (!) – Pemerintah menetapkan tanggal 1 Ramadan 1438 Hijriah jatuh pada hari Sabtu (27/5) berdasarkan sidang isbat di kantor Kementerian Agama malam ini.

Menteri Agama Lukman Saifuddin mengatakan penetapan tersebut berdasarkan laporan petugas dari 4 titik yakni di NTT, Sulut, Jatim, dan Kepulauan Seribu berdasarkan laporan mereka melihat hilal.

“Awal sidang kami dapat laporan setidaknya dari 4 titik, mereka petugas yang berpengalaman. Dengan 2 hal tadi seluruh peserta sidang malam ini memasuki Ramadan, besok pagi kita akan mengawali puasa,” ujar saat jumpa pers Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (26/5/2017).

Pemerintah untuk menentukan awal Ramadan katanya menggunakan metode rukyat dengan melihat posisi hilal. Rukyat dapat dilakukan dengan mata telanjang atau teleskop dan dilihat setelah matahari terbenam atau waktu magrib.

Menag menerima paparan posisi hilal dari pemantau di 33 provinsi. Usai menerima paparan, Menag memimpin sidang isbat secara tertutup seusai salat magrib. Ada 84 lokasi pemantauan hilal.

Sejumlah perwakilan turut hadir dalam sidang isbat. Mereka di antaranya perwakilan dari PBNU, PP Muhammadiyah, MUI, wakil ketua Komisi VIII DPR Iskan Qolba Lubis, dan imam besar Istiqlal Nasaruddin Umar.

Kementerian Agama akan melakukan pemantauan hilal di 77 titik di seluruh Indonesia. Sidang isbat tahun 2017 tersebut akan digelar di Kantor Kementerian Agama Jalan MH Thamrin Jakarta mulai pukul 17.00 WIB.

Sementara itu, Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah menetapkan awal puasa Ramadhan 1438 Hijriah jatuh pada 27 Mei merujuk hasil perhitungan astronomi ahli falak salah satu organisasi Islam terbesar Indonesia itu.

“Karena posisi hilal saat itu berada di sekitar tujuh derajat. Sudah tinggi,” kata Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Muti.

Sedangkan ormas Nahdlatul Ulama akan menunggu hasil rukyat dan sidang isbat untuk menentukan awal puasa 2017.Ketua Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama KH Ahmad Ghazalie Masroeri mengatakan NU menyelenggarakan rukyat di seluruh Indonesia pada Jumat 26 Mei 2017.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com