Warna-Warni Indonesia

Sebar SARA di Instagram, Admin muslim_cyber1 Ditangkap Polisi

JAKARTA (!) – Jangan memposting macam-macam di media sosial kalau tidak mau berurusan dengan polisi, seperti yang dialami lelaki berinisial HP ini. Ia merupakan admin Instagram akun muslim_cyber1, yang diketahui hobi mengunggah gambar dan kalimat kebencian berbau SARA di medsos berbasis gambar tersebut.

“Direktorat Cyber Bareskrim Polri menangkap lelaki dengan inisial HP, pada Selasa 23 Mei 2017 pukul 05.00 WIB. Tersangka ditangkap di rumahnya, Jalan Damai RT 09 RW 04, Cipedak, Jagakarsa, Jakarta Selatan,” ujar Kadiv Humas Polri Setyo Wasisto di Mabes Polri, Minggu (27/5).

HP, tidak hanya mengunggah gambar bernada SARA, tetapi diketahui juga pernah memposting sebuah percakapan WhatsApp palsu antara Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian dan Kabid Humas Polda Metro Jaya Argo Yuwono.

Polisi menyita barang bukti berupa ponsel milik pelaku, dua buah SIM card, gambar percakapan palsu Kapolri dengan Kabid Humas Polda Metro Jaya dan unggahan serta gambar bernada sara pada akun Instagram muslim_cyber1.

Tersangka melanggar dua pasal. Pertama UU ITE, dengan ancaman penjara mencapai 6 tahun dan denda Rp1 miliar. Kedua, UU Penghapusan Diskriminasi Ras dengan ancaman 5 tahun penjara dan denda mencapai Rp500 juta.

“Tersangka diduga telah melanggar pasal 28 ayat 2 jo pasal 45a UU ITE dan atau pasal 4 huruf D angka 1 jo pasal 16 UU Nomor 40 Tahun 2008 tentang penghapusan diskriminasi ras dan etnis,” kata Setyo. (ahda)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com