Pelantikan Gubernur DKI, Tunggu Kepastian Banding Jaksa

2

JAKARTA (!) – Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo mengatakan masih menunggu kepastian dari upaya hukum lanjutan dari jaksa dan sudah minta kejelasan mengenai proses banding yang dilakukan pihak jaksa dari Jaksa Agung.

Jika banding batal dilaksanakan, maka Kemendagri segera meminta DPRD DKI Jakarta melaksanakan sidang paripurna yang membahas keputusan surat pengunduran diri Ahok. Keputusan itu akan disampaikan kepada Mensesneg sebagai dasar penerbitan Keputusan Presiden (Keppres).

“Dengan begitu, kami bisa segera melantik Plt gubernur menjadi gubernur DKI Jakarta. Sebab masa tugas gubernur yang nanti dijabat Pak Djarot singkat, sementara juga mempersiapkan pelantikan gubernur dan wakil gubernur terpilih,” tutup dia.

Dari pertemuan itu, Kemendagri belum mendapatkan perkembangan informasi terkait pengajuan banding. “Ditunggu dulu, sebab belum diketahui bandingnya soal apa. Apakah banding minta hukuman diperberat atau banding minta diperingan,” kata Tjahjo.

“Kami ingin meminta kepastian mengenai status banding ini. Jangan sampai Pak Ahok sudah menerima, tetapi JPU belum menerima.  Justru hal ini akan menghambat proses jabatan definitif wagub menjadi gubernur,” ujar Tjahjo di Jakarta.(antara/arh)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.