Warna-Warni Indonesia
Tim Siber Bareskrim Polri. Foto: Ahda/tandaseru.id

Bareskrim Polri Ungkap Penipuan Perdagangan Jaringan Internasional

JAKARTA (!) – Tim Siber Bareskrim Polri menangkap tiga orang tersangka penipuan penjualan daring melalui situs penjualan berbasis di Tiongkok.

Penangkapan ini merupakan hasil laporan kepolisian Hongkong. Diketahui, dua perusahaan di Hongkong tertipu dengan modus penjualan Biji Plastik Daur Ulang.

“Tiga tersangka ini melakukan penipuan dengan menjual biji plastik dan isinya kosong”, ungkap Kabagpenmum Humas Polri Kombes Pol Martinus Sitompul saat jumpa pers di Mabes Polri, Selasa (30/5).

Ketiga tersangka ini membuat perusahaan palsu yang menyediakan biji plastik melalui situs jual beli alibaba. Perusahaan yang tertarik kemudian mengirimkan sejumlah uang ke rekening perusahaan fiktif yang disediakan tersangka.

“Pelaku berpura-pura menjadi yang mampu menyediakan biji plastik, dikirim 22 ribu USD. Kemudian yang sampai di Hongkong adalah sampah,” ungkap Direktur bidang Siber Bareskrim Polri Brigjen Pol Fadil Imran pada kesempatan sama.

Diketahui, pelaku bernama Steven Fredi merupakan pemimpin komplotan penipu tersebut. Ia sehari-hari bekerja di perusahaan impor ekspor. Sedangkan, dua lainnya bertugas menyediakan perusahaan palsu.

Bisnis penipuan ini sudah berjalan dari tahun 2013 dengan dilaporkan ada tiga transaksi yang sudah dijalankan. Tersangka mendapat keuntungan mencapai 300 juta rupiah.(ahda)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com