Warna-Warni Indonesia
ILUSTRASI: MACHFOED GEMBONG/TANDASERU.ID

Laju Inflasi Mei 0,39 Persen Dipicu Kenaikan Harga Bahan Makanan

JAKARTA (!) – Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto mengatakan kenaikan harga bahan makanan menjadi penyumbang utama terjadinya laju inflasi pada Mei 2017 sebesar 0,39 persen.

“Kenaikan harga terjadi di seluruh kelompok pengeluaran, semua mengalami inflasi dengan kisaran berbeda,” kata Suhariyanto dalam jumpa pers di Jakarta, Jumat.

Dengan inflasi pada Mei tercatat sebesar 0,39 persen, maka inflasi tahun kalender Januari-Mei telah mencapai 1,67 persen dan inflasi dari tahun ke tahun (year on year) sebesar 4,33 persen.

Suhariyanto mengatakan kelompok bahan makanan menyumbang inflasi 0,86 persen, karena mengalami kenaikan harga akibat tingginya permintaan jelang Ramadhan, yang masuk pada minggu keempat Mei 2017.

Beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga adalah bawang putih yang menyumbang inflasi 0,08 persen, telur ayam ras 0,05 persen, daging ayam ras 0,04 persen serta beras, daging sapi dan cabai merah masing-masing 0,01 persen.

“Untuk bawang putih, minggu keempat ini, harganya mulai turun. Namun rata-rata bulan Mei, komoditas ini masih memberikan andil terhadap inflasi,” kata Suhariyanto.

Meski demikian terdapat komoditas yang harganya mulai mengalami penurunan sehingga mampu menekan inflasi dan menyumbang deflasi yaitu cabai rawit 0,04 persen, bawang merah 0,02 persen dan tomat sayur 0,01 persen.

Kelompok pengeluaran lain yang ikut menyumbang inflasi adalah makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau sebesar 0,38 persen, karena terpengaruh kenaikan harga nasi dengan lauk, rokok kretek dan rokok kretek filter.

“Namun, harga gula pasir mengalami penurunan dan menyumbang deflasi 0,01 persen, karena kebijakan Kementerian Perdagangan yang menetapkan harga eceran tertinggi,” ujar Suhariyanto.(antara/arh)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com