Warna-Warni Indonesia

Pemeriksaan Kelaikan Angkutan Lebaran Capai 80 Persen

JAKARTA (!) – Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Pudji Hartanto mengatakan pemeriksaan kelaikan kendaraan (ramp check) angkutan pada momentum Lebaran 2017 telah mencapai 80 persen.

Pudji  mengatakan ramp check dilakukan terhadap semua transportasi, baik darat, laut, udara, maupun kereta api agar untuk memastikan keamanan pemudik.

“Hasil ramp check sudah 80 persen, itu dilakukan pemeriksaan baik moda transportasi darat, laut, udara dan kereta api,” katanya dalam diskusi “Persiapan Mudik yang Aman dan Nyaman” di Jakarta, Jumat, (2/6).

Untuk moda transportasi udara, kata Pudji, telah mencapai sekitar 95 persen karena jumlahnya kecil dan pengawasannya yang lebih terkendali. Khusus untuk moda transportasi udara, Kemenhub melakukan inspeksi sarana dan prasarana di 25 bandar udara pada periode 19 Juni-8 Juli 2017.

Inspeksi sarana dan prasarana laut dilakukan di 13 pelabuhan mulai 17 April-30 Juni 2017. Sementara itu, inspeksi keselamatan kereta api dilakukan di 9 Daop dan 1 Divre. Sedangkan uji kelaikan angkutan darat yang dinilai paling sulit akan dilakukan paling lama yakni sejak 17 April-10 Juni 2017 atau H-15, di mana saat ini telah mencapai sekitar 80 persen.

Uji kelaikan dilakukan di masing-masing tujuh terminal di Pulau Jawa dan luar Pulau Jawa serta seluruh terminal penumpang Tipe A. Untuk angkutan darat banyak yang tidak laik, sekitar 35 persen.

Menurut Pudji, ketidaklaikan itu kebanyakan disebabkan karena sejumlah unsur teknis dan penunjangnya tidak berfungsi dengan baik seperti rem tangan, penerangan, penghapus kaca depan (wiper) hingga pengukur kecepatan (speedometer). (antara/arh)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com