Polusi Cahaya, Perlu Alternatif Tempat Pengganti Bosscha Bandung

4

BANDUNG (!) – Populasi penduduk di Kota Bandung, yang cukup tinggi berdampak untuk melakulan penelitian astronomi karena sudah terjadi polusi cahaya. Bosscha harus dipindah?

Kepala Pusat Saint Antariksa LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional) Clara Yatini menilai polusi cahaya di kawasan peneropongan bintang Bosscha sudah mengkhawatirkan sehingga perlu dicari alternatif lokasi yang lain untuk penelitian astronomi.

“Untuk melihat langit dengan jelas kita harus mematikan lampu listrik minimal satu jam agar tidak terkena polusi cahaya,”ungkapnya seperti tertulis dalam laman jabarprov.go.id.

Saat ini, kata sulit untuk melakukan penelitian astronomi di Bosscha Bandung. “Kalau untuk ukuran kota Bandung yang besar ini memang cukup sulit untuk melakukan penelitian astronomi. Termasuk sekarang di Bosscha polusi cahanya sudah semakin parah,”katanya kepada wartawan di Bandung.

Namun Clara tidak menyebutkan tempat alternatif untuk penelitian astronomi yang tepat tanpa polusi. Hanya saja, Clara menyebutkan untuk melihat langit dengan jelas salah satu upaya yang harus dilakukan adalah mematikan lampu minimal satu jam.

Hal ini sesuai dengan Kampanye mematikan lampu saat peringatan Hari Antariksa telah dilakukan sejak 2016 lalu. Dikatakan Carla, mengurangi polusi cahaya dengan cara mematikan lampu, akan sangat bermanfaat bagi para peneliti astronomi. Paling tidak lampu bisa dilakukan saat hendak tidur. (arh)

3 Comments
  1. lsd gelatin tabs

    … [Trackback]

    […] Find More to that Topic: tandaseru.id/2017/08/08/polusi-cahaya-perlu-alternatif-tempat-pengganti-bosscha-bandung/ […]

  2. Dan Helmer

    … [Trackback]

    […] Find More to that Topic: tandaseru.id/2017/08/08/polusi-cahaya-perlu-alternatif-tempat-pengganti-bosscha-bandung/ […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.